Kepuasaan Customer Adalah Ketika Mendapatkan Layanan Yang Baik, Simak Tips Berikut

Kepuasaan Customer Adalah Ketika Mendapatkan Layanan Yang Baik, Simak Tips Berikut

Pembeli adalah raja. Tampaknya istilah itu sudah menjadi bagian umum dari dunia usaha. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang tentunya berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Salah satunya dengan memberikan layanan customer service, yang sudah pasti akan secara langsung berhubungan dengan pelanggan. Customer service bisa memberikan layanan melalui telepon ataupun chat. Selain itu, layanan customer service bisa diberikan melalui layanan respon suara secara interaktif, dan layanan melalui Email.

Meskipun sebelumnya customer service dianggap sepele, customer service memiliki peran yang cukup besar bagi perusahaan-perusahaan yaitu layanan customer service memberikan informasi maupun membantu masalah yang dimiliki masyarakat.

Selain itu customer juga berperan sebagai menjaga kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan, karena customer service mampu memberikan kesan dalam baik buruknya kualitas pelayanannya. Oleh karena itu, customer service harus memberikan pelayanan yang sangat bagus dan sangat harus diperhatikan.

Tips memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan :

1. Pelayanan yang cepat

Pelanggan akan senang jika kita melayaninya dengan cepat tidak hanya cepat tetapi juga tanggap agar apa yang diinginkan pelanggan sesuai dengan yang kita lakukan.

2. Dengarkan keluhan dari pelanggan

Terkadang pelanggan hanya perlu didengarkan saat memberitahu keluhan yang dialami, kita hanya perlu mendengarkan keluhannya dengan perhatian agar pelanggan merasa dihargai setelah itu baru kita menanggapi dan memberikan solusi.

 3. Menjaga emosional

Setiap orang akan memiliki batas kesabarannya tetapi sebagai customer service kita harus memiliki kesabaran yang lebih besar agar tidak mudah terpancing emosi dan tidak mudah tersinggung kepada pelanggan karena akan mempengaruhi kualitas pelayanan kita.

4. Menjaga Kesopanan

Sebagai customer service kita harus melayani pelanggan dengan kesopanan agar pelanggan merasa nyaman dengan pelayanan yang kita berikan dan memperbanyak tersenyum.

5. Memberikan solusi

Setelah mendengarkan keluhan pelanggan dengan baik, kita harus memberikan saran atau solusi yang tepat terhadap keluhannya. Solusi yang kita beri akan mempengaruhi keputusan yang akan diambil oleh pelanggan dan juga akan menjadi pandangan pelanggan terhadap bagaimana pelayanan yang kita beri.

Setiap pelayanan yang diberikan kepada pelanggan akan mempengaruhi bagaimana kualitas dari pelayanan kita oleh karena itu kita harus memperhatikan tips yang di atas agar pelayanan kita menjadi lebih baik karena pelanggan adalah raja.

Kembali ke blogs