Hal yang harus diperhatikan dalam proses produksi

Hal yang harus diperhatikan dalam proses produksi

Untuk para pebisnis pasti akan berusaha menjual produknya sebanyak mungkin. Agar produknya banyak yang membeli, perusahaan harus memastikan bagaimana kualitas dari produknya supaya para pelanggan tidak ragu untuk membeli produk tersebut. Para pelanggan pasti akan memilih produk yang memiliki kualitas yang bagus agar mereka nyaman dengan produk tersebut. Untuk mendapatkan kualitas produk yang bagus, pebisnis harus memperhatikan bagaimana proses produksi produk tersebut.

Apa itu produksi? Produksi adalah suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan atau dapat disimpulkan bahwa produksi itu adalah proses menghasilkan suatu produk. Kegiatan yang merubah bahan mentah menjadi bahan yang bisa digunakan oleh manusia sehingga dalam proses pembuatan produk melibatkan perubahan dari sesuatu yang kurang bernilai menjadi suatu yang bernilai. Tujuan dari produksi itu sendiri yaitu memenuhi kebutuhan masyarakat, meningkatkan kegiatan ekonomi, dan meningkatkan pendapatan baik individu maupun negara.

Sebelum proses produksi ada beberapa hal-hal yang harus diperhatikan yaitu :

1. Ketersediaan bahan mentah

Pertama kita harus memastikan ketersediaan dari bahan yang akan diproduksi untuk membuat produk. Memastikan bahan yang akan dibutuhkan tidak berkurang agar proses tidak terdapat kendala.

 2. Alat produksi (alat dan sdm)

Untuk memproduksi barang pastinya kita harus mempunyai mesin pembuatan produk dan juga tenaga kerja atau SDM ( sumber daya manusia ). Agar perusahaan dapat memproduksi produk dalam jumlah yang banyak.

3. Pangsa pasar produksi

Yang dimaksud dengan pangsa pasar produksi yaitu suatu bagian atas semua permintaan terhadap sebuah produk yang menggambarkan golongan pelanggan berdasarkan nilai dan volumenya. Selain itu pangsa pasar digunakan untuk mengukur daya saing pasar yang bertujuan dalam mencatat seberapa baik dan berkembangnya perusahaan terhadap produknya.

Penjelasan diatas menjelaskan bahwa memperhatikan proses saat produksi produk sangatlah penting karena akan mempengaruhi kualitas dari produk tersebutkan dan juga mempengaruhi konsumen untuk membeli produk

Kembali ke blogs