Tips Memilih Warna Dalam Membuat Buku Company Profile

Tips Memilih Warna Dalam Membuat Buku Company Profile

Color psychology adalah kemampuan suatu warna dalam mempengaruhi pandangan atau emosi seseorang. Teori tentang psikologi warna menyatakan bahwa setiap warna dapat memberi kesan positif atau negatif terhadap emosi seseorang. Sebagai contoh, warna seperti kuning dan merah dengan kehangatan dan kegembiraan.

Bagaimana warna bisa mempengaruhi emosi seseorang? Ternyata, warna-warna secara tidak langsung akan ‘mengenai’ sistem saraf otonom manusia yang berfungsi mengontrol aktivitas yang dilakukan secara tak sadar, seperti bernapas, detakkan jantung, dan proses metabolisme. 

Menerapkan teori psikologi warna dalam membuat buku Company profile 

Ternyata, teori tentang psikologi warna ini, juga dapat kita terapkan dalam membuat buku company profile. Walaupun mungkin setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda pada setiap warna, akan tetapi, ada beberapa warna yang bisa memunculkan emosi yang serupa, atau seragam, pada kebanyakan orang. 

Sebelumnya mari kita simak beberapa warna beserta maknanya berdasarkan psikologis warna.

1. Merah

Merah identik dengan gairah, keberanian, dan kekuatan. Warna ini juga dianggap sebagai warna yang paling kuat. Warna merah sering digunakan pada peringatan bencana alam atau kebakaran darurat. Namun di sisi lain, merah juga erat kaitannya dengan cinta dan keinginan. Hal ini menjelaskan mengapa orang yang menggunakan pakaian berwarna merah dinilai lebih menarik oleh lawan jenis.

2. Biru

warna biru dapat dikatakan sebagai salah satu warna favorit banyak orang. Biru adalah warna langit dan lautan. Menurut psikologis warna, biru dapat melambangkan kesetiaan dan kejujuran. Maka dari itu, biru biasanya menjadi pilihan sebagai warna yang dapat diandalkan, profesional, tenang, dan terkendali.

3. Kuning

Berbeda dengan warna biru, warna kuning tidak terlalu menjadi favorit karena warnanya yang cerah dan intens. Bila digunakan secara berlebihan, warna kuning bisa membuat mata menjadi lelah. Meski demikian, warna kuning juga dapat menjadi elemen yang baik pada interior dapur. Sebab, warna-warna hangat seperti kuning dipercaya bisa merangsang nafsu makan.

4. Hijau

Hijau melambangkan harmoni dan keseimbangan. Karena warnanya identik dengan alam, melihat warna hijau dapat menimbulkan efek yang menenangkan. Terbukti bahwa menghabiskan waktu di luar ruangan yang penuh dengan lingkungan hijau dapat membantu menghilangkan stres. Tahukah Anda kalau warna hijau menargetkan hipotalamus anterior? Bagian otak ini secara aktif berkomunikasi dengan saraf parasimpatis untuk memicu efek anestesi yang membuat Anda mengantuk.

Nah, setelah mengetahui karakteristik dari beberapa warna tersebut, maka kita bisa terapkan dalam membuat Buku Company Profil. Hal ini menjadi penting, karena warna adalah salah satu elemen yang sangat berpengaruh ketika calon konsumen menerima Buku Company Profile milik kita. Psikologi warna harus bisa kita manfaatkan untuk mendesain Buku Company Profile.

Warna merupakan salah satu bentuk komunikasi yang digunakan, untuk menyampaikan pesan melalui design. Berikut adalah beberapa tips, bagaimana cara menentukan warna untuk diaplikasikan ke dalam sebuah Buku Company Profile:

  • Pelajari branding yang digunakan

  • Ketahui tujuan

  • Sesuaikan warna dengan target pasar

  • Maksimalkan detail elemen yang digunakan

Jadi, jangan sampai salah memilih warna ya

Kembali ke blogs