Tips Membuat Poster Yang Menarik dan Informatif ? | Digital Printing Jakarta Barat

Tips Membuat Poster Yang Menarik dan Informatif ? | Digital Printing Jakarta Barat

Secara umum, definisi poster adalah media publikasi yang berisi tulisan, gambar atau kombinasi keduanya, yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas. Kita dapat menjumpai poster di tempat-tempat umum dan tempat-tempat yang banyak dilewati orang.

Selain untuk promosi dan memberikan informasi pengumuman, poster juga dapat dijadikan sebagai alat untuk media propaganda, sesuai dengan apa yang diinginkan oleh si pembuat poster. Dan untuk menarik perhatian banyak orang, poster wajib terlihat bagus dan bisa dinikmati oleh orang lain supaya enak dipandang.

Agar poster dapat menarik perhatian banyak orang, sekaligus menyampaikan informasi secara baik, perhatikan tips-tips berikut :

1. Tentukan Tema dan Tujuan

Yang pertama, kita harus tentukan terlebih dahulu judul atau tema dari poster yang akan dibuat. Misalnya, apakah kita akan membuat poster pendidikan, poster kegiatan atau poster iklan kemasyarakatan. Hal tersebut akan mempengaruhi pemilihan warna dan jenis tulisan dari poster yang akan kita buat nantinya. 

2. Perhatikan Pesan yang Ingin Disampaikan

Agar pesan poster dapat tersampaikan dengan baik kepada para pembaca, upayakan untuk menaruh informasi-informasi yang penting saja, sehingga tidak berisi informasi yang hanya akan mengganggu desain poster, atau mengganggu perhatian dari pembaca. Bila perlu, berikan kolom khusus atau berikan highlight pada pesan-pesan penting tersebut. 

3. Membuat Kata-Kata yang Menarik

Terakhir, tuliskanlah kata-kata yang singkat, jelas, dan padat, agar dapat diingat orang secara langsung, meski hanya dilihat sepintas. Jangan menggunakan bahasa yang bertele-tele yang tidak langsung mengarah pada inti pesan. Gunakan sebisa mungkin bahasa sehari-hari, agar tidak terkesan kaku dan formal.

Pada akhirnya, membutuhkan waktu dan pengalaman yang cukup untuk mendesain sebuah poster yang menarik. Seiring dengan waktu, pemilihan warna dan font, serta penyesuain dengan ukuran media cetak akan semakin baik.

Free PSD | Modern sales poster template

Misalnya, apakah poster tersebut akan diletakkan di dalam ruangan atau ruangan, akan menentukan warna apa yang kita gunakan. Lalu font apa yang sebaiknya kita gunakan, akan sangat tergantung pada jenis poster yang akan kita buat. Tetap berlatih dan jangan patah semangat! 

Kembali ke blogs