Tips Bagi Pelajar Atau Pekerja Yang Ingin Memulai Bisnis

Tips Bagi Pelajar Atau Pekerja Yang Ingin Memulai Bisnis

Kini, banyak pelajar yang masih duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA) telah sukses dengan usaha yang mereka rintis sendiri. Bahkan beberapa dari mereka bisa mengumpulkan banyak uang dari aktivitas tersebut. Jika dilakukan dengan tekad yang serius, bukan tidak mungkin kelak kamu bisa menjadi pebisnis yang handal di masa yang akan datang. 

Kuncinya adalah, kamu harus memilih jenis bisnis yang tepat, dan juga harus pandai mengatur waktu. Karena tentu saja usaha bisnis ini yang kamu jalankan harus bisa berjalan beriringan dengan aktivitas utama kamu, yaitu menjadi siswa di sekolah yang kamu jalankan. 

Usahakan untuk mencari bisnis yang bisa dilakukan disaat waktu senggang atau saat tidak ada kegiatan lainnya. Sebaiknya memulai bisnis sampingan yang mudah dan tentunya dengan modal kecil. Harapan agar kamu bisa memperoleh tambahan biaya untuk memenuhi kebutuhan lainnya. 

Ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan terlebih dahulu dalam memulai bisnis dengan modal kecil,yaitu :

- Fokus satu bisnis sesuai passion kalian.

- Lihat peluang bisnis yang ada.

- Riset pasar.

- Riset masalah di pasaran.

- Lihat kekuatan pesaing/kompetitor.

- Pilih lokasi strategis untuk menunjang bisnis mula-mula kalian.

Dan jangan lupa untuk selalu mencatat apa yang konsumen cari dan minati serta atur keuangan bisnis kalian secara detail ya. 

Dalam menjalankan bisnis awal kalian diperlukan riset pasar, berikut contoh usaha sampingan yang bisa kalian praktekan sesuai dengan minat kalian tentunya : 

  • Reseller/dropshipper

Kamu bisa berjualan di marketplace secara online dengan menjadi reseller atau dropshiper. Dropshipper adalah penjual yang memasarkan barang dari produsen tanpa harus menyetok/membeli barangnya terlebih dahulu. Sedangkan untuk reseller, biasanya mereka akan melakukan pembelian barang terlebih dahulu, melakukan penyimpanan, dan kemudian akan menjualnya kembali.

  • Konten kreator

Menulis memang membutuhkan keahlian dan kreativitas, namun kita semua bisa mencobanya terlebih dahulu. Penulis konten atau disebut juga content writer adalah penulis yang menghasilkan konten menarik untuk media daring. Berbagai macam konten ditulis oleh penulis kontens seperti naskah untuk pemasaran atau yang disebut dengan sales copy, ebook pemasaran, atau teks untuk grafik pemasaran.

  • Berjualan Pulsa

Berjualan pulsa mungkin terdengar kurang menarik, tapi keberadaan penjual pulsa saat-saat ini, sangat dicari oleh banyak orang. Tingginya tingkat penggunaan smartphone dan internet membuat permintaan pulsa semakin tinggi pula. Selain karena modalnya yang tidak terlalu besar, berjualan pulsa sangat mudah karena kita hanya tinggal memanfaatkan ponsel dan mendaftarkan diri ke distributor pulsa elektrik. Selain itu, kini juga sudah banyak aplikasi yang menyediakan layanan pengisian pulsa untuk memudahkan kita dalam berjualan. Untuk berjualan pulsa kamu tidak perlu menyita banyak waktu dan bisa melakukannya dari rumah.

Dan masih banyak lainnya yang sesuai minat kalian. Semuanya harus memerlukan kematangan mindset yang kuat serta niat yang besar dalam menjalankan suatu bisnis sampingan. Mulailah dari hal yang kecil maka lama-lama akan menjadi bukit kesuksesan kalian. Selamat berjuang!

Kembali ke blogs