Skill desain grafis pasti dibutuhkan, benarkah? Berikut penjelasannya

Skill desain grafis pasti dibutuhkan, benarkah? Berikut penjelasannya

Saat ini, semakin banyak perusahaan percetakan yang muncul dimana-mana. Oleh karena itu, profesi desain grafis akan banyak dibutuhkan dalam dunia percetakan. Seseorang yang memiliki keahlian desain grafis akan memiliki jenjang karir yang jelas dan serta menjanjikan.

Pengertian dari skill itu sendiri adalah kemampuan seseorang yang memiliki ide dan pikiran yang kreatif dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

Desainer Grafis menggunakan elemen-elemen dasar dalam dunia desain, seperti bentuk, warna, garis, dan tekstur, untuk menghasilkan berbagai karya.

Seorang desainer grafis diharapkan mampu membuat logo, desain majalah / surat kabar, desain kemasan, paket promosi produk dan lain-lain dengan keahliannya tersebut.

Ada dua kemampuan dasar yang dibutuhkan dalam dunia desain grafis, yaitu:

1. Kreativitas

Sebagai seorang yang bekerja di bidang desain, tentu penting untuk memiliki kreativitas yang tinggi dalam membuat desain yang unik. Tanpa kreativitas, tentu akan sulit bersaing dengan kompetitor yang ada saat ini.

2. Komunikasi

Selain kreativitas, skill komunikasi juga penting dimiliki oleh desainer grafis. karena, profesi ini akan selalu berhubungan dengan klien dan menjelaskan mengenai elemen-elemen dasar dari desain.

Berikut adalah beberapa contoh software yang sering digunakan oleh desain grafis :

  • CorelDraw

CorelDraw adalah perangkat lunak desain berbasis vektor yang digunakan untuk membuat gambar dua dimensi. Seperti logo, brosur, kartu undangan, dan segala jenis desain vektor berdasarkan garis. CorelDraw dapat digunakan untuk pelajar, desainer grafis profesional, dan ilustrasi teknis.

  • Photoshop

Bagi seorang fotografer Photoshop bukanlah sebuah istilah yang asing ditelinga, keberadaan salah satu software editing foto yang satu ini cukup banyak diminati oleh fotografer mulai dari fotografer pemula bahkan sampai fotografer profesional

  • Adobe Illustrator

Masih dari perusahaan Adobe, Adobe Illustrator adalah sebuah software yang berfungsi menciptakan karya grafis. Karya-karya yang bisa kamu buat di antaranya logo, ikon, ilustrasi, kemasan produk, tipografi, hingga iklan besar di billboard. Kata situs resminya, hasil olah grafis dari aplikasi ini berbentuk Vektor. Melansir Vector, Vektor adalah sebuah tipe gambar yang tidak mungkin pecah meski diperbesar berkali-kali. Inilah yang membuat Adobe Illustrator cocok untuk dimanfaatkan dalam pembuatan ilustrasi apa pun, termasuk logo dan ikon.

nah, melihat popularitas sebagai design grafis yang semakin berkembang, mungkin mempelajari desain bisa menjadi opsi untuk kamu….

Kembali ke blogs