Saat kita akan melakukan promosi bisnis, maka kita akan di hadapi dengan beberapa pilihan seperti media promosi apa yang akan kita gunakan untuk bisnis yang sedang kita jalani. Dan dua di antaranya adalah booklet dan katalog. Booklet dan katalog merupakan media promosi yang masih sangat diminati di saat ini. Tapi tahukah kamu, ternyata booklet dan katalog memiliki perbedaan loh.
Katalog merupakan media promosi cetak yang isinya berupa daftar barang yang disusun secara rinci dan rapi . Sebaiknya, dalam membuat katalog, isinya disusun secara sistematis agar barang dapat kita temukan dengan mudah. Biasanya katalog dapat kita temukan seperti di toko, pameran, lembaga pendidikan, dll. Katalog di toko akan berisi daftar dan nama dari barang - barang yang akan di jual di toko tersebut. Sedangkan Katalog sekolah akan berisi tentang informasi seperti biaya sekolah, fasilitas yang ada di sekolah, dan lokasinya.
Tujuan dari katalog adalah untuk menawarkan informasi tentang produk yang akan kita jual atau fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh toko tersebut, karena katalog memiliki informasi penting tentang suatu produk yang di singkat dan di kemas secara sederhana jelas. Beberapa katalog juga memiliki gambar produk, untuk menambah nilai estetik dan desain yang bagus agar lebih menarik perhatian customer.
Sedangkan Booklet adalah buku kecil dengan ukuran A4 atau A5 dan biasanya dipakai untuk menjabarkan suatu perusahaan yang berbentuk sebagai lembaran menjadi buku. Booklet biasanya digunakan sebagai media promosi dan memberikan informasi untuk mewakili sebuah toko atau perusahaan dalam untuk menyampaikan produk yang akan di jual secara terperinci. Jadi pengertian booklet adalah sebuah media cetak atau buku yang menampilkan jasa, layanan, dan produk sebuah perusahaan yang sedang kita jalani.
Bila Anda menjual lusinan atau ratusan produk eceran, kemungkinan katalog lebih sesuai. Tetapi jika produk yang Anda jual hanya sedikit, atau bisa custom, booklet sepertinya lebih pas.
Namun keduanya memiliki kesamaan, yaitu harus ditunjang dengan beberapa faktor sebagai berikut :
-
Produk terpilih yang akan ditampilkan
-
Foto asli dalam berbagai angle
-
Pilihan warna
-
Layout
-
Pemilihan font
-
Susunan deskripsi produk
-
Ukuran dan tipe kertas yang akan dipakai