Perbedaan Dari Sablon Manual dan Sablon Digital Yang Harus Diketahui

Perbedaan Dari Sablon  Manual dan Sablon Digital Yang Harus Diketahui

Sablon merupakan metode mencetak gambar pada media yang kita inginkan, misalnya seperti kain, kertas, dan juga plastik. Sablon itu sendiri dibagi menjadi beberapa cara yaitu sablon dengan menggunakan tenaga manusia yang biasa di sebut manual dan tenaga mesin yaitu digital.

Untuk menyablon dengan menggunakan mesin atau digital  bisa terbilang lebih simple dan juga cepat karena teknik sablon yang menggunakan mesin dalam menghasilkan sablonnya. Mesin yang dipergunakan adalah printer untuk mencetak gambar serta mesin press untuk melekatkan gambar pada media yang ingin di sablon. 

Sedangkan sablon manual adalah teknik sablon yang menggunakan peralatan seperti screen, rakel dan lainnya yang dimana untuk proses penyablonan masih menggunakan tenaga dan keahlian manusia untuk pengerjaannya. 

Sablon manual bisa terbilang cukup rumit dan sulit karena dengan banyaknya peralatan yang digunakan, apalagi jika gambar atau warna yang di inginkan cukup banyak. Karena dalam metode manual untuk campuran warna satu persatu di setiap penyablonan. 

Dan sablon digital untuk prosesnya kita bisa menggunakan teknologi transfer atau print untuk mencetak gambar dengan desain yang diinginkan ke dalam media yang di sablon. Dan untuk pengerjaanya tidak membutuhkan waktu yang lama.

Perbedaan dari sablon digital dan manual adalah dari media cetaknya.untuk sablon digital memiliki media yang cukup banyak dibandingkan sablon manual. Sablon digital dapat mencetak beraneka ragam seperti kaos sablon, spanduk, banner, undangan, hingga reklame.sedangkan sablon manual, memiliki media yang terbatas.

Untuk harga cetak sablon digital , bisa terbilang terjangkau apa lagi untuk kita yang baru saja merintis usaha dan membutuhkan sablonan. Walaupun demikian, masing-masing sablon yaitu digital dan manual ini memiliki peminatnya tersendiri.

Khusus bagi kamu yang sedang mencari percetakan digital Match Digital Printing dapat membantu kamu menyablon dalam bentuk digital baik untuk baju, ataupun banner. Tanpa ada batasan minimum tertentu , dan tentu saja dengan kualitas yang sudah terjamin.

Kembali ke blogs