Pentingnya Digital Printing Bagi Pebisnis

Pentingnya Digital Printing Bagi Pebisnis

Di era modern yang serba digital ini, membuat segala sesuatunya berubah semakin berkembang dengan pesat. Salah satunya adalah perkembangan digital printing yang telah mengubah cara kita dalam hal mencetak dan memproduksi berbagai jenis cetakan. Karena memang inovasi-inovasi akan terus berlanjut, dan kita dapat mengharapkan lebih banyak perkembangan dalam percetakan digital di masa mendatang.

Khususnya bagi pebisnis, baik di bidang makanan dan minuman, jasa, dan juga produk lainnya, tentunya pasti membutuhkan media promosi. Walau kini sudah serba online, namun tentunya media cetak juga masih dibutuhkan. Jika dulu hanya ada jasa cetak offset, kini telah hadir jasa cetak digital printing yang lebih sangat digemari dibandingkan dengan jasa cetak offset. Berikut adalah beberapa alasannya.

1. Lebih Mudah Menyesuaikan Kebutuhan

Mencetak dengan mesin ini tidak mengharuskanmu untuk mencetak dalam jumlah banyak. Baik dalam jumlah sedikit maupun banyak, tetap bisa menggunakan mesin ini. Kamu tidak perlu membuang-buang kertas dan juga uang karena terlalu banyak mencetak.

Kamu bisa mencetak sesuai dengan kebutuhan dan jumlah yang diinginkan. Seperti untuk cetak brosur dan flyer!

 2. Hemat Biaya

Lebih hemat biaya sudah pasti dibandingkan dengan cetak offset. Terlebih untuk kebutuhan promosi yang mengharuskanmu mencetak brosur dalam jumlah yang banyak untuk lebih hemat biaya. Tetapi kendalanya, dengan cetak brosur yang terlalu banyak, jika tidak digunakan semua justru bisa saja terbuang.

Nah, agar tidak menghambur-hamburkan uang dan kertas disarankan untuk kamu menggunakan digital printing untuk cetak kebutuhan promosi. Bisa cetak dengan jumlah yang sedikit atau sesuai kebutuhan.

3. Lebih Fleksibel

Digital Print

Dikatakan lebih fleksibel karena kamu tidak perlu cetak dalam jumlah yang terlalu banyak. Ketika informasi yang ada pada brosur atau poster sudah perlu diganti, kamu bebas menggantinya tanpa memikirkan desain yang lama masih ada.

Contohnya, saat kamu cetak flyer dengan mesin cetak offset kamu harus cetak dalam jumlah yang sangat banyak, jika tak terpakai bisa kamu gunakan untuk event berikutnya. Namun, saat ada event berikutnya, ada beberapa informasi yang berubah sehingga tidak bisa menggunakan flyer tersebut. Pastinya flyer itu sudah tak bisa digunakan bukan? Untuk itu, ada baiknya kamu gunakan mesin digital printing saja!

4. Estimasi Waktu Cetak Lebih Cepat

Dengan estimasi waktu pengerjaan yang lebih cepat, pastinya juga bisa mempercepat planning promosimu. Mesin digital printing dapat cetak kebutuhan dengan waktu yang cepat. Selain itu, presisi dan hasilnya pun juga hampir sama dengan cetak offset.

Artinya, kapan pun kamu ingin hasil cetakan selesai bisa dilakukan dengan tepat oleh mesin ini. Tetapi, kecepatan mesin ini juga tergantung pada jumlah gambar dan warna yang digunakan pada kertas. Semakin ramai desain, atau semakin banyak gambar dan warna yang digunakan pastinya membutuhkan mesin untuk memprosesnya lebih lama. 

5. Desain Mudah untuk Diubah

Jika ada perubahan pada desain, memungkinkan kamu untuk mengubahnya selama belum masuk ke dalam proses cetak. Nah, jika ada perubahan mendadak dan terlanjur sudah tercetak, kamu bisa langsung menghentikan mesin. Jadi saat pembayaran, kamu hanya perlu bayar yang sudah terlanjur tercetak.

Berbeda dengan mesin cetak offset yang membutuhkan plat, saat sudah terlanjur terbuat tidak bisa mengubah desain-nya. Meskipun belum melakukan percetakan, desain juga tetap tak dapat bisa diubah.

Kembali ke blogs