Pentingnya Desain Marketing Bagi Bisnis

Pentingnya Desain Marketing Bagi Bisnis

Kata marketing di dunia bisnis sudah menjadi hal utama sepertinya, bagaimana tidak marketing disebut sebagai tombak dari suatu perusahaan. Berhasil atau tidaknya suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh marketing, lalu apakah kalian sudah paham apa sebetulnya marketing itu sehingga dapat memberikan dampak yang sangat besar pada perusahaan.

Marketing adalah suatu aktivitas dan proses menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan dan mempertukarkan penawaran yang bernilai bagi pelanggan, klein, mitra dan masyarakat umum. Marketing atau biasa disebut dengan pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian menjadi keinginan manusia. Intinya marketing lah yang bertugas menjual serta memasarkan produk perusahaan tersebut kepada masyarakat atau konsumen sehingga perusahaan akan mendapatkan untung dari setiap penjualan.

Tak heran jika di sebuah perusahaan pasti memiliki departemen atau bagian marketing yang memang bertugas untuk memasarkan, mengenalkan dan juga menjual produk mereka. Para marketing pun akan berlomba-lomba mengatur strategi bagaimana produk tersebut akan diterima oleh masyarakat, bagaimana agar masyarakat bisa tertarik oleh produk yang mereka jual dan bagaimana mereka menjalin hubungan baik dengan para konsumen sehingga terciptanya kepuasaan pelanggan.

Seiring dengan perubahan era globalisasi dunia marketing pun ikut berubah, kalau dahulu marketing hanya dapat memasarkan produknya melalui bazar, event-event di tempat keramaian atau televisi maka sekarang marketing sangat erat dengan dunia IT. Media sosial, website atau sebagai nya menjadi ladang untuk marketing memasarkan produk nya.

Selain melakukan promosi terhadap produk yang baru dipasarkan marketing juga harus menyiapkan desain-desain yang menarik agar masyarakat tertarik untuk membeli.

Apa saja yang membuat desain menjadi sangat penting untuk marketing ? Berikut ulasan nya :

1. Sarana untuk menyampaikan pesan

Dengan desain yang baik, kita akan mampu berkomunikasi dengan calon pembeli hanya dengan sebuah desain atau gambar. Maka dari itu, usahakan desain yang anda buat mampu dicerna dengan mudah dan pesan yang ingin kita sampaikan dapat dimengerti oleh para calon konsumen.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan desain, kita dapat meningkatkan ingatan calon pembeli atau konsumen dalam mengenali dan mengingat merek, brand, produk atau jasa yang anda tawarkan.

Jika sesuatu yang anda tawarkan telah tertanam dalam ingatan mereka maka maka peluang terjadinya interaksi dan aksi akan lebih tinggi.

3. Dapat meningkatkan OMSET Penjualan

Berbagai pihak setuju bahwa desain yang menarik dapat meningkatkan penjualan. Jika ada 1 produk yang sama namun desain berbeda apakah yang terjadi? Coba anda bayangkan, misal anda membeli produk di marketplace, apa yang anda lihat? yang pertama pasti foto atau gambar produk bukan? Walau jenis produk yang sama, anda akan memiliki kecenderungan memilih produk yang menarik secara visual.

Setelah melihat ulasan diatas dapat kita simpulkan bahwa desain yang baik dan menarik dapat mendorong minat daripada konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Kembali ke blogs