Penjelasan Tentang 3D Printing. Simak Informasi Lanjutannya

Penjelasan Tentang 3D Printing. Simak Informasi Lanjutannya

Membahas tentang dunia printing, secara umum kita mengenal printer 2D, yaitu mencetak suatu gambar atau tulisan diatas media kertas, stiker, kain, mug atau porselen, dan banner. Selain itu, ada juga teknologi baru yang memungknkan kita mencetak suatu gambar diatas media kayu dan akrilik. Printer-printer tersebut biasanya adalah printer laser.

Namun kini, telah hadir teknologi terbaru yaitu Printer 3D. Printer 3D ini merupakan proses mencetak benda padat yang tidak sekedar tampak secara kasat mata namun juga bisa disentuh ataupun diraba secara langsung dan memiliki volume tertentu. Itulah sebabnya mengapa disebut printer tiga dimensi.

Di indonesia, teknologi printer 3D (tiga dimensi) pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013. Namun sebenarnya, teknologi ini sendiri sebenarnya telah ditemukan sejak lama, tepatnya di tahun 1981 oleh Hideo Kodama dari Nagoya Municipal Industrial Research Institute yang menggunakan bahan baku photopolymer untuk mencetak/menghasilkan objek tiga dimensi dari printer tersebut. Material plastik yang berbentuk cair ini digunakan karena memiliki sifat yang mampu berubah bentuk menjadi keras jika papar cahaya.

Secara sederhana, Cara kerja printer 3D ini adalah dengan membuat terlebih dahulu cetakannya yang sebenarnya sama atau sejenis dengan printer konvensional yang bisa digunakan untuk menciptakan layer atau lapisan berwarna sehingga akan menghasilkan objek 3D yang nampak seperti wujud aslinya. Namun, yang membedakan pada printer 3D ini adalah yang dipakai bukan lagi tinta cetak biasa tetapi jenis plastic molten wax dan bahan lainnya seperti logam atau besi sehingga nantinya bisa menciptakan jenis model bentuk yang diharapkan

Manfaat teknologi Printer 3D

  • Dunia kesehatan

3D printer sudah sering dipakai dalam dunia medis. Fungsinya adalah untuk membuat replika organ dalam manusia atau organ tubuh lainnya seperti tangan, kaki dan lainnya. Jika sudah jadi maka objek yang di print bisa digunakan untuk mengganti organ yang sudah rusak. Dengan begitu nyawa manusia bisa tertolong lebih cepat tanpa harus menunggu lama untuk datangnya pendonor yang juga tidak selalu bisa diandalkan.

  • Dunia Otomotif

Selain itu, 3d printer juga sering dimanfaatkan untuk dunia otomotif. Salah satunya adalah untuk mencetak onderdil yang mana ukurannya memang harus presisi sehingga tidak justru mengganggu fungsi kendaraan bermotor saat sudah dipasang. Selain untuk memproduksi suku cadang, fungsi lainnya juga untuk membuat body kendaraan yang rusak sehingga bisa sama persis sesuai aslinya.

  • Mainan anak-anak

Dengan menggunakan printer 3D maka waktu produksi bisa lebih cepat dan biayanya akan lebih hemat. Hal ini dimanfaatkan oleh perusahaan mainan ternama untuk menggunakan teknologi ini.

Kembali ke blogs