Mengenal perbedaan spanduk dan banner, serta media promosi cetak lainnya

Mengenal perbedaan spanduk dan banner, serta media promosi cetak lainnya

Sekilas mungkin kalian tidak akan bisa membedakan spanduk dengan banner, spanduk dan banner punya ukuran dan fungsi yang berbeda lho. Ada 4 perbedaan spanduk dan banner tersebut, yaitu :

• Beda dimensi ukuran

Spanduk umumnya memiliki ukuran 80cm x 200cm bisa dimaksimalkan sampai 150cm x 300cm tergantung kebutuhan. Sedangkan banner memiliki ukuran 60cm x 160cm atau 80cm x 180cm, sesuai kebutuhan)

• Penggunaan bahan 

Peletakan spanduk yang umumnya di luar ruangan, membutuhkan bahan yang lebih ringan tapi tahan dan kuat. Sedangkan banner umumnya diletakkan di dalam ruangan atau bisa di luar ruangan tergantung kebutuhan dan memiliki kertas yang tidak mudah sobek dan kaku)

• Peletakan/penempatan

Spanduk biasanya bisa kita temui di tembok, pohon, tiang listrik yang bisa dijadikan penyangga sedangkan banner hanya membutuhkan tiang penyangga untuk event promosi tertentu.

• Mesin cetak 

Walaupun sama-sama dicetak menggunakan mesin digital, namun kualitas tinta beda lho guys, spanduk menggunakan tinta yang lebih awet dikarenakan diletakan diluar ruangan terpapar matahari dan hujan sedangkan banner menggunakan tinta yang tidak begitu awet karena terletak di dalam ruangan saja) 

Banyak cara untuk mendapatkan pelanggan baru dan tetap dengan menggunakan fasilitas media promosi cetak seperti :

- Iklan media massa cetak (koran,majalah mingguan/bulanan,buletin,tabloid)

- Poster

- Banner

- Brosur

- Katalog

- Flyer dan kartu nama

Sedangkan untuk media cetak elektronik adalah yang biasanya sering kita gunakan,yaitu :

- Facebook

- Twitter

- Instagram

- Marketplace

- Blog dan kaskus 

Kalian harus tau juga perbedaan-perbedaan dari media cetak yang ada yaitu :

• Poster mempunyai permukaan yang datar sehingga mudah untuk ditempel serta menggunakan kalimat yang singkat dan desain yang mencolok sedangkan brosur menggunakan kertas yang bisa disebar dimana saja dan sesuai target lebih mengutamakan detail suatu produk atau perusahaan.

• Brosur bertujuan untuk mempromosikan atau menjual barang perusahaan sedangkan pamflet lebih ke arah memberikan informasi dan bukan untuk menjual produk tertentu sedangkan leaflet mempromosikan/menawarkan jasa atau barang serta sarana informasi saat event-event tertentu di perusahaan.

Poster adalah desain grafis yang bisa kalian ubah sesuai kebutuhan baik ukuran kertas,tulisan maupun warna sedangkan flyer adalah lembaran cetak tunggal (bukan yang dilipat) untuk menarik publik dalam sebuah acara,pengenalan produk hingga pelayanan publik. 

Demikian penjelasan mengenai arti dan perbedaan media promosi cetak yang bisa kalian pakai sesuai kebutuhan

Kembali ke blogs