Mengenal Ekonomi Kreatif Untuk Kelangsungan Bisnis

Mengenal Ekonomi Kreatif Untuk Kelangsungan Bisnis

Ekonomi kreatif adalah pengembangan suatu usaha/ bisnis yang cenderung lebih menggunakan ide-ide kreatif, mempunyai keahlian dan ketrampilan khusus untuk menciptakan sesuatu yang bernilai dan dapat di perjual belikan guna meningkatkan keuntungan.

Adapun perbedaan ekonomi kreatif dengan ekonomi tradisional adalah, ekonomi tradisional yang bahan utamanya lebih menggunakan sumber daya alam dan tenaga manusia sebagai kebutuhannya sedangkan ekonomi kreatif lebih mengembangakan ide-ide kreatif dan keterampilan sebagai bahan utamanya.

Tujuan ekonomi kreatif itu sendiri adalah melakukan pemanfaatan media digital untuk meningkatkan/memperluas kegiatan pasar ke jenjang internasional, merevitalisasi nama baik kreativitas produk atau jasa sebagai brand nasional ke pasar dunia, memberi motivasi untuk generasi muda membuka usaha, memperkenalkan produk local ke masyarakat dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya ekonomi kreatif ini untuk meningkatkan penghasilan dengan menuangkan gagasan-gagasan yang menarik, dengan memanfaatkan media digital sebagai sarana pemasaran dan pengenalan produk/jasa juga sebagai peluang terbukanya lapangan kerja.

Adapun ciri-ciri dari ekonomi kreatif ini adalah :

1. Tidak ada Batasan

Dalam ekonomi kreatif ini kita bebas menuangkan ide-ide dan inovasi kreatif yang selalu menyesuaikan perkembangan jaman dan hal ini tidak memiliki Batasan yang pasti.

2. Pengembangan ide yang kreatif

Pengembangan ide-ide yang kreatif dan menarik sangat penting dalam perekonomian kreatif ini dikarenakan daya saing dari kompetitor sangat ketat.

3. Pentingnya Kerjasama

Pentingnya Kerjasama dengan berbagai pihak pengusaha terutama pihak pemerintah sebagai pengatur kebijakan persyaratan dasar, guna mengembangkan/meningkatkan ekonomi kreatif.

Itulah beberapa ciri dari ekonomi kreatif. kesimpulan dari ekonomi kreatif adalah pemanfaatan pemikiran/intelektual yang memiliki kreativitas dan dapat menghasilkan daya jual baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar.

Manfaat dari ekonomi kreatif ini adalah :

a. Peningkatan kualitas produk

Dengan adanya aktivitas ekonomi kreatif ini kualitas barang yang dijual produsen semakin meningkat karena persaingan produk dan harga di pasar yang sama.

b. Menciptakan lapangan kerja

Banyaknya inovasi-inovasi produk baru yang kita ciptakan, maka semakin banyak barang yang harus kita produksi dan persiapkan oleh karena itu kita perlu banyak sumber tenaga kerja untuk membantu memproduksi barang.

c. Perkembangan ekonomi

Pengaruh dari ekonomi kreatif ini membuat bisnis-bisnis baru bermunculan dengan gagasan-gagasannya yang menarik karena peningkatan perkembangan ekonomi dipengaruhi banyak bisnis yang maju.

d. Memperluas target pasar

Dengan menciptakan ide-ide kreatif dalam membuat suatu produk, target pemasaran kita tidak hanya berfokus kepada satu tujuan saja tapi juga kepada semua golongan.

Masih banyak lagi manfaat ekonomi kreatif bagi masyarakat dan pemerintah karena ini adalah salah satu guna meningkat perekonomian ke internasional memperkenalkan produk-produk lokal ke masyarakat dunia yang dapat membangun identitas bangsa semakin kreatif produk yang kita ciptakan, maka akan semakin baik citra bangsa tersebut di mata dunia.

Kembali ke blogs