Kunci konsumen adalah kualitas produk, simak pentingnya untuk bisnis

Kunci konsumen adalah kualitas produk, simak pentingnya untuk bisnis

Setiap perusahaan berlomba-lomba agar produk yang mereka jual akan terjual banyak. Apalagi perkembangan dunia bisnis yang semakin maju, sehingga persaingan antara perusahaan  semakin meningkat.

Setiap perusahaan akan bersaing dengan menciptakan produk-produk yang baru dan lebih unggul dari pada perusahaan yang lain. Tetapi selain memikirkan bagaimana produk yang akan mereka keluarkan lebih unggul dari perusahaan yang lain, mereka juga harus memperhatikan kualitas dari produk yang akan mereka keluarkan.

Yang dimaksud dengan kualitas produk yaitu suatu kondisi fisik, sifat, dan fungsi produk berdasarkan mudahnya penggunaan, kesesuaian, perbaikan serta komponen lainnya yang dibuat untuk memenuhi kepuasan dan juga kebutuhan pelanggan.

Oleh karena itu, kualitas produk adalah kunci utama dari keunggulan produk tersebut dan juga bagaimana memenangkan persaingan dengan perusahaan yang lain. Semakin rendahnya tingkat kegagalan produk yang dihasilkan, maka produk yang dihasilkan semakin berkualitas. Selain itu, produk yang diciptakan benar-benar berkualitas, dalam arti tahan lama, yang paling penting meminimalisir kecacatan produk.

Jika pelanggan puas dengan kualitas produk yang mereka beli, mereka akan terus melakukan pembelian terhadap produk tersebut. Saat pelanggan suka terhadap produk tersebut, maka itu akan memberikan keuntungan kepada perusahaan yaitu konsumen akan melakukan pembelian secara teratur, tidak mudah terpengaruh oleh produk sejenisnya dan akan merekomendasikan produk yang mereka gunakan kepada orang lain. Jangan sampai ada kesalahan yang tidak terdeteksi, lalu membuat pelanggan tidak ingin membeli produk atau menggunakan layanan kita lagi.

Kualitas produk yang diberikan oleh perusahaan harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan atau konsumen. Jika pelanggan membutuhkan produk murah, maka tidak ada gunanya melakukan rekayasa produk yang sama dan mengeluarkan biaya dua kali lipat dalam proses produksi.

Sebaliknya, jika pelanggan yang ditargetkan menginginkan kinerja melebihi harga, maka perusahaan perlu merancang produk yang sesuai dengan harapan mereka. Selain kualitas produk perusahaan harus menjaga layanan kepada pelanggan, kualitas produk tidak hanya berfokus kepada komposisi produk tersebut tetapi juga nilai bagaimana pelanggan menerima dan mendapatkan yang sama sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Setiap perusahaan pastinya punya standar yang berbeda. Tapi tujuannya tetaplah sama, yakni menjaga kualitas produk agar tetap bagus.

Kembali ke blogs