Kerajinan Buatan Indonesia Yang Sudah Tersebar Mendunia

Kerajinan Buatan Indonesia Yang Sudah Tersebar Mendunia

Indonesia dikenal akan banyaknya ragam daerah, di setiap daerah pasti mempunyai ciri khasnya seperti dari segi kerajinannya dari tangan para perajin seni. Indonesia dikenal dengan hasil karya kerajinan tangan yang eksotis. Kerajinan tangan indonesia pun sudah tersebar di dunia. Kerajinan tangan asli dari Indonesia beragam dan masing-masing memiliki keunikan yang menonjolkan budaya asli Indonesia. Bahkan kerajinan tangan ini telah memegang peran penting dalam ekspor Indonesia.

Pada umumnya kerajinan tangan biasanya dibuat untuk bertujuan memiliki nilai jual. Semakin tinggi kualitas atau semakin tinggi tingkat kesulitan pembuatan kerajinan maka akan semakin mahal pula harganya. Kerajinan tangan bisa menambah keanekaragaman seni di indonesia selain itu kerajinan tangan juga dijadikan sebagai sasaran bagi turis atau orang asing yang berkunjung ke Indonesia karena kerajinan tersebut memiliki ciri khas sosial dan budaya yang ada di indonesia.

Berikut ini kerajinan tangan dari Indonesia yang tersebar ke dunia yaitu :

1. Batik

5 Peluang Usaha Produk Kerajinan yang Menguntungkan

Batik adalah kain indonesia bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menulis atau menerapkan malam pada kain, kemudian pengelolaannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Setiap daerah di Indonesia memiliki gambar khas pada batik. Hari batik nasional di jatuhkan pada tanggal 2 oktober yang diresmikan secara sah oleh presiden SBY atau Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2009 dan di resmikan juga oleh UNESCO.

2. Ukiran kayu

Usaha Kerajinan Kayu Di Daerah Wisata - Kanal Wisata Indonesia

Indonesia memiliki iklim tropis yang membuat kayu dari Indonesia memiliki kualitas yang sangat bagus. Ditambah dengan kelihaian para pengukir kayu yang telah dikenal menciptakan kerajinan kayu. Kayu bisa dijadikan patung, kaligrafi, dan relief. Kayu yang sering digunakan untuk kerajinan kebanyakan berasal dari daerah jepara.

3. Anyaman rotan

Contoh Seni Kriya : Pengertian, Fungsi, Macam-Macam Serta Gambarnya

Kerajinan anyaman dari rotan pun tidak kalah terkenalnya. Kerajinan ini juga banyak diekspor ke luar negeri dan di jualkan dalam negeri. Kerajinan rotan menggunakan tanaman rotan atau tanaman yang merambat famili palmae yang banyak ditemui di hutan Indonesia.

4. Kerajinan kulit

5 Produk Buatan Tangan Asal Indonesia yang Berhasil Menembus Pasar  Internasional | Beauty Journal | LINE TODAY

Tidak kalah dengan pesaing brand asing, Indonesia juga memiliki industri busana yang berbahan kulit yang tidak kalah bagusnya seperti tas, dompet, ikat pinggang, sepatu, jaket dan juga sarung tangan. Banyak dijumpai di garut, bandung, bali, dan juga yogyakarta.

Dan masih banyak lagi kerajinan-kerajinan tangan dari Indonesia yang dikenal di dunia. Oleh karena itu kita sebagai masyarakat Indonesia harus bangga dan mendukung kerajinan-kerajinan yang telah dibuat agar tidak kalah dengan Negara-negara yang lainnya.

Kembali ke blogs