Kendalikan Sampah Plastik, 1 Step Yang Berarti Bagi Lingkungan

Kendalikan Sampah Plastik, 1 Step Yang Berarti Bagi Lingkungan

Sampai dengan kuartal I di tahun 2021 ini, sudah lebih dari 11,000 ton sampah plastik yang mengotori bumi kita. Dan tahukah kamu, ternyata sampah plastik bekas adalah penyumbang terbanyak, dimana botol bekas minuman adalah salah satunya. 

Seperti yang kita ketahui, sampah berbahan plastik sangat sulit untuk terurai dengan cepat, bahkan membutuhkan waktu hingga puluhan tahun, karena rantai karbonnya yang panjang, sulit diurai oleh mikro-organisme. Polusi plastik ini bisa menimbulkan dampak negatif yang besar terhadap lingkungan alam serta menimbulkan masalah bagi tumbuhan, satwa, dan bahkan manusia.

6 Aksi kecil jaga lingkungan ini bikin Ramadan jadi makin berkah

Sebagai generasi muda, kita menjaga bumi kita untuk mengurangi sampah botol plastik bekas. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan memiliki budaya baru, yaitu dengan membawa tumbler ketika kita sedang beraktivitas di luar rumah. 

Kebanyakan orang mengartikan tumbler sebagai botol tempat minuman atau termos kecil, karena bisa menyimpan suhu minuman panas atau dingin. Padahal, pengertian awal dari tumbler bermula di abad 17, yang memiliki makna wadah minuman bentuknya mengecil ke bawah sehingga mudah terguling (tumbling), yang kebanyakan tidak memiliki pegangan atau gagang.

Cintai Lingkungan, Mulai dengan Membawa Botol Minum Sendiri

Budaya untuk menggunakan tumbler sebaiknya harus terus kita biasakan dalam kegiatan sehari-hari. Dengan menggunakan tumbler, otomatis akan mengurangi penggunaan botol plastik air kemasan serta turut andil dalam menyelamatkan lingkungan dari limbah plastik.

Apalagi, disaat pandemi seperti sekarang ini, membawa botol minum milik sendiri adalah hal yang penting karena aman untuk kesehatan diri kita. Penggunaan tumbler milik sendiri dapat menghindari berpindah kuman atau virus, dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Green Lifestyle, Mengurangi Sampah Plastik dengan Tumbler - Cera Production  - Blog

Dengan membawa botol minuman sendiri, akan membuat kita mengurangi  kemungkinan untuk membeli minuman di luar rumah yang belum tentu terjaga kebersihannya. Karena dengan kita membawa air minuman sendiri, kita pun akan lebih yakin dengan kehigienisan air tersebut ketika kita mengkonsumsi nya. 

Jadi, mari kita jaga lingkungan kita dengan mengendalikan sampah yang ada di sekitar kita,  untuk generasi kedepan yang lebih baik.

Kembali ke blogs