Kenali Konsep 5R Dan Terapkan Sebagai Lifestyle Baru

Kenali Konsep 5R Dan Terapkan Sebagai Lifestyle Baru

Sampai dengan kuartal I di tahun 2021 ini, sudah lebih dari 11,000 ton sampah plastik yang mengotori bumi kita. Dan tahukah kamu, ternyata sampah plastik bekas adalah penyumbang terbanyak, dimana botol bekas minuman adalah salah satunya. 

Zero Waste Lifestyle Malaysia | Tips to Reduce Waste and Save The Earth

Seperti yang kita ketahui, sampah berbahan plastik sangat sulit untuk terurai dengan cepat, bahkan membutuhkan waktu hingga puluhan tahun, karena rantai karbonnya yang panjang, sulit diurai oleh mikro-organisme. Polusi plastik ini bisa menimbulkan dampak negatif yang besar terhadap lingkungan alam serta menimbulkan masalah bagi tumbuhan, satwa, dan bahkan manusia.

Bea Johnson, seorang aktivis lingkungan, memperkenalan konsep 5R dalam pengelolaan sampah. 5R tersebut adalah Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, Rot.

1. Refuse

Refuse, artinya sebisa mungkin kita menolak produk-produk berbahan plastik, yang tidak kita perlukan. Tentunya kita harus menolak dengan sopan.

2. Reduce

Reduce, artinya sebisa mungkin kita mengurangi penggunaan produk-produk yang berpotensi menimbulkan sampah.

3. Reuse

Reuse, bisa diartikan agar kita menggunakan benda-benda yang bisa digunakan berulang kali. Apalagi kita sebagai generasi muda, kita harus bisa memiliki budaya baru, yaitu dengan membawa tumbler ketika kita sedang beraktivitas di luar rumah. Kalian juga bisa membuat Tumbler dengan desain custom sesuai keinginan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tote bag sebagai pengganti kantong kresek.

Tahukah kamu, sejak akhir tahun 2018, pulau Bali melarang penggunaan kantong kresek berbahan plastik, styrofoam dan sedotan plastik. Hal ini dilakukan untuk menekan timbunan sampah plastik.

Maka dari itu, masyarakat Bali pun kini sudah terbiasa untuk membawa tas belanja berbahan kain saat akan berbelanja. 

4. Recycle

Artinya mendaur ulang. Jadi jika ada sampah yang tidak lagi digunakan kembali, kita bisa mendaur ulang barang tersebut dengan tambahan-tambahan material lain sehingga barang tak layak pakai tersebut menjadi barang yang dapat dimanfaatkan kembali, contohnya membuat tas dari bungkus kemasan minuman serbuk.

Seorang wanita bernama Lucy, yang sedari kecil sudah bermain dengan kanvas, cat dan kuas, membuat blog bernama Craftberry Bush yang menghasilkan kerajinan dari plastik yang membentuk burung hantu sebagai dekorasi unik kamar maupun ruang bermain anak.

5. Rot

Rot artinya pembusukan. Contohnya, jika masih ada sisa makanan, kita bisa membuat kompos dari material tersebut.

Kembali ke blogs