Kenali Jenis Brosur dan Kegunaannya

Kenali Jenis Brosur dan Kegunaannya

Untuk menjadikan usaha atau bisnis yang sedang kita jalankan semakin lancar, ramai, serta diminati oleh banyak orang, tentu kita harus memiliki strategi promosi yang jitu. Promosi merupakan suatu strategi komunikasi untuk membujuk orang lain agar menerima atau memahami produk yang kita jual. Tujuan utama dari promosi tentu saja adalah untuk meningkatkan penjualan.

Berbicara tentang promosi, memang di zaman teknologi yang semakin maju ini telah tersedia jenis pemasaran atau iklan secara online atau digital. Seperti melalui internet, televisi, radio, dan lainnya. Namun, promosi secara offline masih menjadi media pemasaran yang efektif.

Brosur merupakan salah satu jenis pemasaran atau iklan secara offline. Brosur, adalah selembar kertas yang dicetak, yang di dalamnya berisi informasi-informasi untuk mempromosikan sesuatu kepada konsumen, baik berupa tulisan, maupun berupa gambar.

Sampai saat ini, brosur masih cukup ampuh untuk meningkatkan angka penjualan. Range budget yang sangat terjangkau, merupakan salah satu alasan kenapa brosur masih diminati oleh para usahawan. Selain itu, dengan membagikan brosur, kita bisa lebih menentukan target pasar kita, juga bisa menyesuaikan waktu dan tempatnya.

Baik online maupun offline, kunci dari sebuah promosi adalah menarik. Kita wajib memiliki desain brosur yang menarik agar konsumen tertarik untuk membacanya. Berikut adalah beberapa tips agar brosur menarik

  • Singkat, padat, jelas

  • Gunakan desain, tema dan ide yang menarik

  • Pilih jenis brosur yang tepat. 

Untuk memilih jenis brosur, berikut adalah beberapa jenis dan ukuran brosur yang bisa jadi pilihan kamu

1. Brosur tanpa lipatan

Jenis brosur tanpa lipatan ini, biasanya disebut dengan istilah Flyer. Ada 2 pilihan ukuran yang umum, yang sering digunakan oleh jenis brosur tanpa lipatan ini, yaitu A5 (14,8cm x 21 cm)  dan ⅓ Folio (10cm x 21cm).

2. Brosur Lipat 2

Untuk brosur Lipat 2, umumnya berukuran 20cm x 20cm, yang kemudian ketika dilipat 2 akan berukuran 10cm x 20cm portrait.

3. Brosur Lipat 3

Jenis brosur Lipat 3 ini, cocok bagi kamu yang ingin menampilkan kesan elegan dan berkelas. Brosur jenis ini biasa digunakan saat akan menampilkan gambar atau memiliki gambar yang jauh lebih besar.

Demikianlah informasi seputar jenis dan ukuran brosur yang menjadi standard di beberapa percetakan di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Kembali ke blogs