Kenali Jenis Alat Digital Printing Yang Populer

Kenali Jenis Alat Digital Printing Yang Populer

Dikutip dari berbagai sumber, digital printing adalah sebuah metode untuk mencetak gambar atau file lainnya dengan berbasis digital. Digital printing merupakan hasil dari kemajuan teknologi di bidang percetakan, yaitu perubahan dari metode konvensional atau offset,  yang kemudian masuk ke era digital. 

Dengan kemajuan teknologi ini, digital printing menawarkan banyak kemudahan kepada para konsumen. Dari segi waktu, waktu produksi yang diperlukan menjadi lebih singkat. Selain itu, digital printing juga menawarkan sistem print on demand, yang artinya kita dapat mencetak sesuai dengan jumlah yang kita inginkan, tanpa harus ada minimum quantity. Di samping itu, proses produksi juga menjadi lebih ringkas dan hasil cetak pun bisa langsung dilihat.   

Berdasarkan dari ukuran mesinnya, digital printing dapat dibedakan menjadi beberapa kategori :

1. Digital Printing Offset.

Sesuai dengan namanya, digital printing offset ini menghasilkan produk-produk yang sering dihasilkan dengan menggunakan teknik offset. Antara lain, kartu nama, hang tag/price tag, brosur/flyer, dan stiker. Kebanyakan, mesin ini menggunakan bahan kertas yang berukuran A3+ (32cm x 48cm). Sehingga banyak juga orang yang menyebutnya dengan istilah mesin A3+.

2. Large Format Premium.

Umumnya, mesin ini melayani cetakan yang lebar bahannya berukuran maksimal 2 meter. Produk-produk yang yang biasanya dihasilkan dengan mesin Large Format Premium ini adalah, x-banner, roll up banner, tripod banner, photo canvas, stiker outdoor, dan sebagainya.

3. Wide Format.

Kategori ini, fokus kepada cetakan yang super lebar, biasanya menggunakan bahan dengan lebar yang berukuran diatas 3,2 meter. Produk-produk yang dihasilkan melalui mesin ini antara lain baliho, banner besar, billboard. Selain ukuran, yang menjadi ciri khas dari mesin ini adalah menggunakan tinta solvent yang keras agar memiliki ketahanan tinta yang lebih lama.

Selain mesin-mesin yang disebutkan diatas, kini telah hadir juga mesin-mesin populer baru di dunia digital printing. Mesin digital printing yang baru itu dapat mencetak desain atau gambar dengan media-media seperti, akrilik, kaos/t-shirt, tumbler, gelas, bahkan media yang berbahan dari kayu.

Kembali ke blogs