Jenis Olahraga Yang Bisa Dilakukan Dirumah

Jenis Olahraga Yang Bisa Dilakukan Dirumah

Pola hidup sehat saat ini memang wajib ditanamkan sejak dini pada diri kita. Terlebih di masa pandemi ini, kita sangat dianjurkan untuk lebih menerapkan pola hidup sehat tersebut, agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari penyakit. Dalam menjalankan pola hidup sehat, berarti kita harus menjaga kesehatan tubuh, pikiran, dan mental.

Untungnya, menerapkan pola hidup sehat tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan tenaga. Secara sederhana, hidup sehat umumnya dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih. 

Akan tetapi di masa pandemi seperti ini kamu disarankan untuk melakukan olahraga di rumah saja. Ada beberapa olahraga ringan yang masih bisa dilakukan di dalam rumah seperti sit up, push up, Menari bahkan naik turun tangga di rumah dapat dikatakan berolahraga.

1.  Jalan-Jalan

Yang paling mudah dan sederhana, kita dapat berjalan-jalan disekitar halaman rumah kita. Jika memungkinkan, kita juga bisa berjalan-jalan sambil naik turun tangga di rumah kita.

2.  Melompat (jumping Jack)

Olahraga lain yang bisa kita praktekan di rumah adalah melompat sambil menggerakan tangan kita. Gerakan ini dikenal dengan istilah jumping jack. Selain mudah dan praktis, gerakan jumping jack ini merupakan latihan cardio yang bagus untuk pemanasan.

3.  Push Up dan Sit Up

Nah, yang satu ini juga sangat simpel. Kita bisa mengkombinasikan gerakan push up dan sit up.. Gerakan Push Up dan Sit Up merupakan salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah tanpa bantuan alat. keduanya bermanfaat untuk memperkuat otot-otot lengan dan perut.

6.  Jogging

Siapa bilang jogging harus dilakukan di jalanan atau di taman? Anda pun bisa melakukan jogging di rumah. Bahkan, Anda juga bisa melakukan jogging di tempat sambil menonton TV atau mendengarkan musik.

7.  Squat

Gerakan squat berguna untuk memperkuat kaki dan punggung. Anda bisa mempraktekkan gerakan squat dengan berdiri dan duduk di atas kursi. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang.

8.  Angkat Beban

Jangan khawatir, olahraga angkat beban bukan berarti harus menggunakan dumble dan barbell. Anda pun bisa memanfaatkan peralatan seadanya yang bisa didapatkan di sekitar rumah, seperti timba berisi air atau sisa botol tak terpakai.

9.  Zumba

Menari merupakan pilihan yang tepat untuk berolahraga sekaligus hiburan. Selain dapat membangkitkan suasana hati, menari juga berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

10.  Naik Turun Tangga

Olahraga lain yang bisa Anda coba adalah naik turun tangga. Meskipun gerakannya sangat sederhana, manfaat olahraga ini sangatlah luar biasa. Jika gerakan ini Anda lakukan secara maksimal, naik turun tangga bermanfaat untuk memperkuat otot dan tulang kaki.

Intinya, buatlah tubuh kamu untuk terus aktif bergerak. Dengan aktif bergerak,maka  tubuh kamu pun akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh. Lebih dari itu, hal ini juga dapat membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat untuk kamu yang baru aja mau mulai untuk olahraga, tidak perlu yang ekstrim.

Yang penting adalah kamu melakukan aktivitas fisik untuk 30 menit per hari dengan frekuensi 5 hari per minggu. Jika belom memunkinkan, bisa 10 menit atau 5 menit pun lebih baik daripada tidak sama sekali

Kembali ke blogs