Jangan Malu Membangun Branding Berapapun Ukuran Bisnis Yang Dimiliki

Jangan Malu Membangun Branding Berapapun Ukuran Bisnis Yang Dimiliki

Dalam menjalankan sebuah usaha bisnis, tentunya kita membutuhkan strategi pemasaran atau marketing untuk memperkenalkan barang atau jasa yang kita miliki. Salah satu strategi yang dapat kita terapkan adalah membangun  branding. Istilah branding, diambil dari kata brand yang berarti merek. 

Tujuan membangun branding adalah sebagai salah satu cara untuk memberitahu masyarakat tentang keunggulan/kelebihan yang ada diri kita dibandingkan dengan yang lain, untuk menunjukkan kesan bahwa kitab bisa memecahkan masalah dan memberi solusi terbaik dan memicu masyarakat untuk menilai kualitas kita lebih baik.

Dalam membahas tentang branding, secara umum ada 3 jenis branding di dunia usaha, yaitu: personal branding, product branding, corporate branding. Salah satu contoh product branding yang cukup sukses adalah coca cola. Sedangkan contoh dari corporate branding adalah “Satu lagi dari Mayora’. Slogan terkenal dari perusahaan Mayora ini sangat melekat di telinga kita. Slogan tersebut telah ditempelkan oleh Mayora di berbagai produk-produk mereka yang terkenal seperti Kopiko, Biskuit Roma, dan lain-lain.

Besar ataupun kecil usaha yang kita miliki, membangun branding sangatlah penting untuk mengubah persepsi orang terhadap kita, agar orang lain bisa selalu berfikir positif tentang kita, dan juga untuk mendapatkan kepercayaan orang terhadap kita.

Berikut adalah beberapa fungsi dari branding :

  1. Sebagai pembeda dengan kompetitor

  2. Untuk promosi dan daya tarik

  3. Identitas Bisnis

  4. Mempengaruhi psikologi konsumen

  5. Sebagai alat pengendali pasar

Membangun branding bisa dilakukan dari pemilihan suatu nama, bentuk dan desain logo, atau warna slogan, agar melekat di benak konsumen. Apabila kita menggunakan strategi branding yang tepat, bukan tidak mungkin kalau produk kita nantinya akan menjadi berbeda dan memiliki ciri khas di pasaran. Konsumen pun cenderung akan menyukai produk yang dikemas atau di-branding secara unik dan tidak menutup kemungkinan akan melakukan pembelian ulang secara kontinu.

Membangun branding bukanlah hal yang mudah. Butuh waktu dan proses yang panjang agar brand perusahaan dapat dikenal oleh masyarakat luas. Namun jika kita dapat melakukan branding dengan baik, otomatis kita akan mendapat loyalitas dari konsumen.

Kembali ke blogs