Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membangun Bisnis Dibidang Jasa

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membangun Bisnis Dibidang Jasa

Dalam membuka usaha pasti ada untung dan ada ruginya, berikut adalah sekilas penjelasan keuntungan dan kerugian dalam membuka bisnis dibidang jasa:

A. Keuntungan

· Tidak perlu menyewa tempat

Dalam bisnis ini kita tidak perlu mempunyai lahan untuk memulainya, dikarenakan usaha ini yang menawarkan jasa bukan berupa barang jadi tidak perlu tempat untuk memajangnya.

· Tidak menggunakan/tempat penyimpanan

Dikarenakan usaha ini lebih mengandalkan tenaga /keahlian, dan tidak memproduksi barang jadi tidak memerlukan tempat penyimpanan seperti kulkas besar atau gudang, jadi bisa hemat biaya.

B. Kerugian

· Kualitas produk bisa berubah-ubah

Karena bisnis jasa ini bukan sebuah barang yang diproduksi dengan menggunakan komposisi yang selalu sama untuk membuatnya seperti makanan/minuman. Dikarenakan bisnis ini menggunakan tenaga manusia jadi dapat berubah sewaktu-waktu karena keahlian dan tenaga manusia itu berbeda-beda.

· Strategi marketing

Dalam usaha bisnis jasa ini lah yang paling sulit, konsumen tidak dapat mencoba karena tidak  ada produk yang bisa digunakan.

Namun kita tidak boleh putus asa dan khawatir, serta tetap berusaha untuk memiliki bisnis dibidang jasa.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk kita yang ingin membuka usaha bisnis jasa :

1. Tentukan bisnis jasa yang akan dibuka

Sebelum kita memulai membuka bisnis jasa ini, kita membuka usaha ini sesuai keahlian yang kitab isa dan pahami dikarenakan bisnis jasa ini sangat tergantung kepada kepuasan konsumen jika sekali konsumen tida percaya atau tidak puas dengan pelayanan yang kita beri maka besoknya mereka tidak akan Kembali lagi.

2. Manfaatkan marketing digital

Perkembangan teknologi yang semakin canggih ini kita bisa manfaatkan untuk menawarkan dan mentutorialkan bisnis jasa yang sedang kita buka. Dengan begitu masyarakat akan tau Jenis usaha yang kita jalani.

3. Melakukan Promosi Offline

Dalam membangun bisnis tentu promosi menjadi hal yang paling penting,karena melalui promosi usaha atau bisnis kita lebih banyak dikenal orang tak hanya melalui promosi digital,promosi dapat dilakukan secara offline,seperti menyiapkan brosur untuk disebar luaskan

4. Menetapkan tarif

Di Dalam bisnis jasa tidak ada yang namanya harga tapi lebih sering disebut tarif. Sebelum membuka bisnis jasa ini kita harus menentukan tarif per tindakan sesuai keahlian yang kita miliki.

Dan masih banyak lagi cara-cara untuk memulai bisnis, tapi yang paling penting dalam membuka bisnis adalah berani memulai/membukanya itulah modal utama dalam bisnis jasa.

Kembali ke blogs