Hal Apa Saja Yang Perlu Dicantumkan Dalam Kartu Nama ? Berikut tips nya

Hal Apa Saja Yang Perlu Dicantumkan Dalam Kartu Nama ? Berikut tips nya

Jika kita berbicara mengenai kartu nama, umumnya yang akan terbayang di pikiran kita adalah sebuah kartu kecil yang berisi nama dan informasi lainnya, baik itu nama perusahaan, pribadi, atau sebuah organisasi.

Kartu Nama - BINTANG GRAFIKA

Pada kenyataannya, kartu nama dibuat bukan hanya untuk memperkenalkan nama diri saja, namun kartu nama juga memiliki fungsi yang lebih dari itu. Terlebih bagi pebisnis, kartu nama bukan sekedar untuk identitas formal semata, ada fungsi lainnya yang dapat diberikan oleh kartu nama, antara lain :

1. Sebagai bentuk Personal Branding dan Sebagai Bentuk Profesionalitas
Dengan kartu nama, Anda akan otomatis terlihat sebagai orang yang profesional, sehingga hal ini bisa menjadi nilai plus tersendiri bagi Anda. Hal ini bisa berdampak pada kepercayaan yang akan diberikan oleh konsumen Anda. Sifatnya yang mudah memberi informasi penting secara singkat membuat kartu nama ini menyingkirkan keraguan seseorang terhadap Anda, bahkan bisa dikatakan kartu nama menjadi kewajiban bagi seorang profesional.

2. Data Diri
Meski ukurannya yang terbilang kecil, kartu nama sudah mampu memberikan identitas diri dengan menampilkan profil penting secara singkat dan jelas. Pasalnya kartu nama ini sudah mencantumkan informasi si pemilik secara detail dan lengkap namun tetap singkat, penyampaian terkait data diri merupakan salah satu hal yang penting baik terkait pekerjaan atau data seseorang.

3. Sebagai Brand Image atau Jati Diri dan Informasi Perusahaan
Saling tukar menukar kartu nama sudah menjadi hal yang lumrah dalam dunia bisnis, dengan desain yang berbeda-beda tiap perusahaannya.Desain yang bagus dan unik tentu menjadi brand image perusahaan itu sendiri.

Melalui pertukaran kartu nama, keduanya akan mendapatkan keuntungan. Bagi pemilik kartu nama bisa menjadi alat perkenalan data diri sehingga orang bisa percaya. Sedangkan bagi penerima akan lebih mudah menggunakan kartu nama sebagai acuan untuk mencari informasi dan kebenaran data diri si empunya kartu dan perusahaan yang tertera di sana.

4. Alat Marketing Paling Efektif
Meski akses marketing sudah semakin banyak bisa dilakukan baik online maupun offline, namun kartu nama tetap dibutuhkan oleh setiap pebisnis. Setiap perusahaan tentu memiliki media sosial dan website untuk dijadikan lahan iklan, namun ketika bertemu dengan klien secara langsung kartu nama tentu bisa jadi alat marketing yang sesuai. Oleh sebab itu ada baiknya Anda tetap membawa kartu nama tersebut saat menghadiri acara-acara penting. 

Umumnya, kartu nama berukuran 9 x 5,5 cm. Namun dengan seiringnya waktu, ukuran kartu nama pun menjadi beragam, mengikuti selera orang masing-masing. Terlepas dari ukurannya, sebaiknya kartu nama memuat beberapa hal berikut, yang menjadi intisari dan tujuan dari sebuah kartu nama. Beberapa hal tersebut adalah:

  • Logo

Logo adalah elemen penting yang wajib ada di setiap materi bisnis. Penggunaan logo pada kartu nama menjadi teramat penting yaitu sebagai identitas diri sang pemilik kartu nama dan gerbang utama dalam memperkenalkan produk, jasa maupun diri anda sendiri ke khalayak umum.

  • Kontak Info

Kartu nama adalah cerminan identitas anda, jadi, sangat efektif untuk menyertakan semua detail kontak pribadi. Kalau kata orang, tak kenal, maka tak sayang. Dengan bertukar kartu nama, klien akan lebih mudah menghubungi untuk menghubungi anda.

  • Desain simple dan Minimalis

Terlepas dari kontennya, sebuah kartu nama sebaiknya memiliki desain yang simple dan minimalis, tetapi tetap memiliki kesan yang menarik dan profesional yang cukup signifikan saat anda memberikannya kepada klien untuk pertama kalinya.

Jangan lupa untuk menyesuaikan desain kartu nama dengan karakter perusahaan, produk, jasa, dan diri anda. Desain yang menarik tentu akan membuat Anda mudah diingat oleh klien

Kembali ke blogs