Fungsi Penting Brand Identity Bagi Bisnis. Apa Itu Brand Identity ?

Fungsi Penting Brand Identity Bagi Bisnis. Apa Itu Brand Identity ?

Brand identity adalah suatu upaya yang dilakukan oleh suatu perusahaan, yang biasanya ditangani oleh bagian marketing dari perusahaan, untuk memberikan kesan unik terhadap perusahaan tersebut, atau terhadap suatu produk tertentu yang dimiliki oleh perusahan tersebut. Brand identity sengaja dibuat untuk menggambarkan suatu citra atau image, agar mudah diingat oleh para konsumen.

Dengan adanya brand identity, maka akan mengacu pada branding dari perusahaan kita, yang dengan atau tanpa di sadari, akan membentuk ciri khas dari perusahaan sehingga mudah di ingat oleh calon konsumen, dan meningkatkan daya tarik yang dapat mempengaruhi calon konsumen, pada akhirnya membeli produk yang dijual. 

7 Elemen Untuk Membangun Brand Identity Yang Kuat - Kemazan Blog

Oleh karena itu, brand identity merupakan hal yang penting bagi perusahaan yang sedang kita jalani. Brand identity dapat di mulai dari pengenalan produk merk yang gampang di ingat oleh calon konsumen. Merek yang kuat dan mudah dikenali dapat membantu bisnis menjadi lebih sukses, itulah sebabnya menciptakan identitas merek yang efektif sangat penting.

Berikut beberapa elemen penting untuk membangun brand dari perusahaan kita :

1. Logo

Logo adalah yang paling penting, karena dengan melihat logo saja calon konsumen akan mengenali produk apa yang kita jual tanpa mereka harus membeli produk tersebut.

Untuk membuat logo yang gampang diingat, tentu saja:

- logo kita harus menarik

- logo yang sederhana, maka akan mudah di baca

- buat logo seunik mungkin, dengan logo yang unik maka akan selalu diingat.

2. Pilihan kombinasi warna

Dengan memilih warna yang tepat untuk logo perusahaan, maka juga akan membantu calon konsumen mengingat logo perusahaan kita. Karena warna memiliki makna tersendiri dalam psikologis di hidup kita. Dengan kita memadu padankan warna yang tepat pada logo perusahaan, maka akan mendapatkan kesan tersendiri bagi calon konsumen. 

  • Merah: Semangat, keras, muda, dan gembira. 

  • Oranye: Energi tinggi, ceria, dan tetap ramah.

  • Kuning: Bahagia, sukses, dan manis. 

  • Hijau: Lembut, tenang, sederhana, dan berbau alam. 

  • Biru: Stabil, terpercaya, kuat, tenang, dan dalam

3. Font

Dengan pilihan font yang tepat, dan mudah dibaca oleh calon konsumen.

4. Slogan

Slogan yang tepat akan memudahkan konsumen untuk mengingat produk tertentu.  Biasanya slogan menggunakan kalimat yang mengandung ajakan, deskripsi produk, yang bertujuan agar mengenai target konsumen.

Terlepas dari hal itu semua, membangun brand identity yang sukses membutuhkan banyak waktu dan kerja keras.Untuk menjaga bisnis kamu tetap pada jalur kesuksesan, jangan berhenti untuk terus membangun brand identity usaha kamu. 

Kembali ke blogs