Promosi adalah suatu aktivitas pemasaran agar produk atau jasa lebih dikenal oleh calon pembeli dan sekaligus mempengaruhi calon pembeli untuk mau membeli serta menggunakan produk atau jasa tersebut. Di dalam promosi biasanya juga disampaikan informasi mengenai kelebihan, kegunaan produk dan dimana produk dan jasa tersebut dapat diperoleh.
Salah satu bentuk promosi adalah dengan mencetak dan membagikan brosur. Brosur adalah alat promosi yang terbuat dari kertas yang didalamnya terdapat sejumlah informasi yang menawarkan berbagai jenis mengenai jasa dan berbagai macam produk. untuk saat ini brosur merupakan salah satu media yang masih banyak digunakan untuk promosi , meskipun kini kita bisa promosi menggunakan media digital, tetapi brosur tetap menjadi andalan karena brosur bisa mencakup berbagai kalangan.
Dengan desain brosur yang menarik maka akan dapat memberikan informasi kepada pembaca bahkan kredibilitas pun akan meningkat untuk menarik calon konsumen. Dan pada akhirnya calon konsumen pun akan tertarik dengan produk atau jasa yang kita jual.
Brosur adalah selembar kertas informatif untuk promosi, yang dapat dilipat menjadi templat, pamflet, atau selebaran. Brosur kini hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, contohnya dari satu halaman hingga buklet. Biasanya brosur terdiri dari gambar dan disertai dengan teks yang menginformasikan informasi-informasi penting.
Manfaat brosur sendiri adalah untuk memperkenalkan perusahaan, lembaga, produk, dan menginformasikan kepada calon konsumen atau masyarakat tentang tentang produk yang akan kita jual. Produk yang diiklankan lewat brosur dapat terdiri dari beberapa produk dan tidak hanya satu.
Berikut adalah beberapa contoh brosur :
-
Brosur Makanan
Brosur makanan ini biasanya memberikan informasi tentang menu makanan yang ditawarkan lengkap dengan gambar makanannya.
-
Brosur Pendidikan
Memasuki tahun ajaran baru, biasanya sekolah-sekolah akan menyediakan brosur yang memberikan informasi tentang penerimaan siswa baru.
-
Brosur Perusahaan/Lembaga
Brosur perusahaan/Lembaga memuat informasi tentang detail dari perusahaan atau lembaga instansi. dengan menggunakan brosur, kegiatan branding dan penjualan menjadi lebih efektif dan efisien bagi perusahaan yang ingin memasarkan beberapa produknya.