Cara Membuat Poster Menarik Yang Kreatif dan Efektif

Cara Membuat Poster Menarik Yang Kreatif dan Efektif

1. Utamakan Informasi yang penting

Pertama-tama pastikan kamu menyajikan informasi dengan jelas dan ringkas. Sebuah poster dipenuhi dengan judul, tanggal acara, harga tiket, persyaratan hingga lokasi acara.

Meski harus lengkap namun sebaiknya masukkan informasi yang paling penting saja. Poster yang terlalu ramai akan membuat orang yang melihatnya jadi pusing dan bingung.

2. Membuat Headline Atau Judul Unik

Rangkumlah seluruh isi poster kamu dalam satu judul. Boleh judul acara kamu, pengumuman tentang rekrutmen anggota, launching produk, atau apa saja yang serupa.

Buatlah secara ringkas dan singkat saja. Yang penting kamu memberikan informasi paling penting dalam judul poster. Agar mudah menjadi sorotan ketika dilihat.

3. Memperhatikan Detail Poster

Pastikan kamu menyertakan detail penting di dalam poster kamu. Dan detail tersebut harus bisa memperjelas tujuan utama poster tanpa mengaburkan pesan utamanya.

Contohnya, jika desain poster bertujuan jangka panjang seperti promosi real estat, maka beberapa detail pentingnya termasuk fitur dan nilai jual properti serta kontak kamu.

4. Menyertakan Call-To-Action

Kalau diterjemahkan langsung call-to-action berarti ‘panggilan untuk bertindak.’ Yang artinya ajakan kepada audiens agar mengambil langkah selanjutnya setelah melihat poster tersebut.

Contohnya seperti ajakan membeli tiket, memesan tempat, lalu masa akhir pendaftaran harga diskon, dan masih banyak lagi.

5. Menerapkan Tingkatan Tipografi

Tingkatan tipografi atau hirarki tipografi termasuk tips rahasia membuat desain poster yang unik. Hirarki tipografi adalah penempatan teks secara visual dengan variasi ukuran huruf atau jenis font berdasarkan tujuan kepentingannya dalam poster.

Sehingga dapat membantu audiens untuk memahami alur poster dengan mudah. Sederhananya kamu membedakan ukuran huruf untuk setiap keterangan dalam poster.

6. Pilih Desain yang Menonjol

Namun tidak harus berlebihan hingga terkesan norak. Karena umumnya poster ditampilkan di papan buletin atau dipublikasikan secara online.

Di tempat-tempat tersebut poster kamu akan bersaing dengan berbagai visual promosi lainnya untuk menarik audiens. Jadi poster kamu harus memiliki desain bernilai unik yang kompetitif.

7. Teknik Fotografi yang Baik

Menggunakan foto-foto yang memukau dalam desain poster akan memberikan dorongan secara visual. Ini adalah salah satu cara termudah dan paling kreatif untuk menarik perhatian audiens.

Karena manusia lebih merasakan keterkaitan dengan foto atau gambar tentang kehidupan nyata, daripada gambar-gambar desain.

8. Memilih Ilustrasi Terbaik

Ilustrasi memiliki bermacam-macam variasi gaya yang berbeda dan sangat menarik dari segi visualnya. Ilustrasi dalam poster layaknya ujung tombak yang mendukung tujuan dari desain kamu.

Pastikan kamu memilih ilustrasi yang selaras dengan warna desain poster. Agar terjaga keharmonisan antara ilustrasi dengan elemen visual lainnya.

Demikianlah berbagai tips rahasia membuat desain poster yang unik. Apapun informasi yang ingin kamu sampaikan di dalam poster maka kamu menyesuaikan desain dengan tujuan dan kepentingannya.

Kembali ke blogs