Cara Membuat Banner Agar Menarik Perhatian. Ketahui Hal Berikut

Cara Membuat Banner Agar Menarik Perhatian. Ketahui Hal Berikut

Dalam menjalankan sebuah bisnis, aktivitas promosi merupakan bagian yang wajib dilakukan, karena akan mempengaruhi kesuksesan penjualan suatu produk baik itu berupa barang atau jasa. Tentu saja promosi memiliki tujuan untuk meningkatkan permintaan atau penjualan barang atau jasa yang ditawarkan, serta memudahkan perencanaan strategi pemasaran.

Salah satu jenis promosi yang menjadi pilihan banyak orang adalah dengan mencetak banner. Banner merupakan salah satu jenis pemasaran atau iklan secara offline, yang didalamnya berisi informasi untuk mempromosikan sesuatu kepada konsumen, baik berupa tulisan, maupun berupa gambar.

Banyak orang yang memilih untuk mencetak banner, karena memiliki range budget yang sangat terjangkau. Banner terbukti cukup ampuh untuk meningkatkan angka penjualan. 

Berikut adalah beberapa contoh banner yang secara umum kita jumpai, berdasarkan alat untuk mendisplay nya. 

  • X-Banner

Banner jenis ini, dipasangkan dengan tiang penyangga yang berbentuk huruf X. Tiang penyangga tersebut terbuat dari bahan aluminium yang ringan sehingga mudah dibawa berpindah tempat. X-Banner dapat digunakan berulang-ulang dan sangat cocok untuk digunakan untuk indoor, namun kurang cocok digunakan untuk keperluan outdoor, karena tidak cukup kuat untuk menahan angin yang kencang.

  • T-Banner

Tripod banner, atau yang lebih umum disingkat T banner ini, biasanya berukuran 60 x 100 cm. 

  • Roll Banner

Roll banner berbentuk gulungan (roll), dimana penggunaannya sangat praktis. Banner ini cukup ditarik dari sisi atas ke bawah sehingga terlihat secara keseluruhan. Biasanya ada 2 macam mesin dengan ukuran yang berbeda, yaitu 60 x 160 cm dan 80 x 180 cm. Untuk bahannya nya sendiri, kamu bisa menggunakan bahan standar, ataupun bahan yang tebal. Roll banner ini sangat cocok digunakan di luar ruangan (outdoor) karena tahan terhadap angin yang kencang.

 Berikut adalah tips untuk mendesain banner agar terlihat lebih menarik :

Ketika Anda mendesain sebuah banner, pastikan bahwa banner yang Anda desain dapat menarik perhatian orang dari kejauhan. Maka dari itu, pemilihan warna dan pemilihan font menjadi sangat penting. Usahakan menggunakan warna-warna yang kontras agar bisa terbaca dengan jelas. Kemudian juga pilihlah jenis huruf atau font yang tidak ribet untuk dibaca.

Lalu, usahakan untuk meletakkan informasi-informasi yang penting pada bagian atas banner, karena bagian atas pada banner merupakan bagian yang setara dengan mata (eye level). Hal ini akan memudahkan banner Anda mendapat perhatian lebih, dan juga informasi yang ingin disampaikan pun akan lebih jelas. 

Kembali ke blogs