Berikan Thank You Card Kepada Customer Sebagai bentuk After Sales Service.

Berikan Thank You Card Kepada Customer Sebagai bentuk After Sales Service.


Dalam dunia usaha yang kompetitif, para pelaku bisnis harus bisa menjaga hubungan yang baik dengan para customer. Diharapkan agar hubungan yang terjalin tidak berakhir begitu saja setelah transaksi selesai, namun harus diperhatikan juga hubungan jangka panjangnya. Hal inilah yang kemudian disebut sebagai after sales service. 

After sales service, adalah sebuah bentuk perhatian dari pemilik usaha yang diberikan kepada para customer setelah melakukan pembelian produk. Hal ini sangat penting dilakukan, agar usaha bisnis kita dapat bertahan dan berkembang di dunia bisnis yang semakin ketat. Dengan menjaga dan memperhatikan kualitas after sales, maka diharapkan akan muncul loyalitas yang tinggi dari customer, sehingga kemungkinan untuk repeat order semakin tinggi. 

Salah satu langkah yang dapat dilakukan, sebagai bentuk after sales service kepada customer, adalah memberikan Thank You Card.

Saat Anda membeli sebuah produk, baik secara online maupun offline, pernahkah Anda kemudian mendapatkan selembar kertas bertuliskan “Terima kasih”? Siapa pun tentu merasa senang ketika diberi ucapan terima kasih. Begitu juga dengan para customer Anda yang telah berbelanja di tempat usaha Anda. Dengan memberikan  Thank You Card, secara tidak langsung Anda telah memberikan kesan friendly dan sopan kepada pelanggan Anda.

Thank You Card dapat diaplikasikan dalam beberapa macam. Salah satu macam yang paling umum adalah dalam bentuk cetakan selembar kertas kecil yang berisi ucapan terima kasih dan diletakkan atau diikatkan bersamaan dengan produk yang dibeli.

Selain dicetak diatas kertas, Anda juga bisa mencetak Thank You Card dalam bentuk stiker. Jadi customer Anda bisa menempelkannya dan tidak mudah hilang. Anda bisa mencetak stiker dalam bentuk bulat, persegi, maupun bentuk yang mengikuti logo Anda.

Agar lebih kreatif, Anda juga bisa menggabungkan ucapan terima kasih dengan sekaligus memberikan gift voucher atau potongan harga untuk pembelian berikutnya. Atau, selain menaruh ucapan terima kasih, Anda juga bisa meminta saran terkait produk atau layanan. Hal ini juga penting untuk menjaga komunikasi tetap terjalin, dan menjaga hubungan yang harmonis.

Selamat mencoba.

Kembali ke blogs