Beberapa Alasan Promosi Offline Masih Penting Di Era Serba Online

Beberapa Alasan Promosi Offline Masih Penting Di Era Serba Online

Promosi merupakan suatu strategi komunikasi untuk membujuk orang lain agar menerima atau memahami produk yang kita jual.  Tentu saja hal ini bertujuan untuk menjadikan usaha atau bisnis yang sedang kita jalankan semakin lancar, ramai serta diminati oleh banyak orang.

Kegiatan promosi akan mendukung usaha kita agar berjalan dengan lancar, dan juga akan memperkenalkan bisnis secara luas, sehingga lebih banyak konsumen yang mampir dan kemudian menjadi pelanggan, dan meningkatkan penjualan.

Berbicara tentang promosi, memang di zaman teknologi yang semakin canggih ini telah tersedia jenis pemasaran atau iklan secara online atau digital. Seperti melalui internet, televisi, radio, dan lainnya. Namun, promosi secara offline masih menjadi media pemasaran yang efektif dan  penting di era yang serba online ini.

Media cetak merupakan salah satu contoh dari promosi offline, yang masih digemari dan digunakan sebagai strategi promosi. Mulai dari kartu nama, stiker, brosur, flyer, atau juga poster.

Apalagi seiring dengan kemajuan teknologi, kini telah hadir digital printing, yang membuat urusan promosi itu menjadi sangat mudah dan simple. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan orang enggan untuk berurusan dengan yang namanya cetak mencetak. Selain dirasa rumit dengan urusan desain, alasan lain yang sering dijumpai adalah harus memesannya dalam jumlah yang cukup banyak.

Melalui digital printing, kita tidak perlu lagi pusing dengan yang namanya MoQ, alias Minimum of Quantity, yang mengharuskan kita mencetak dalam jumlah yang banyak. Selain itu, kehadiran digital printing atau percetakan digital membuat kegiatan promosi menjadi lebih luas dengan yang namanya banner, x-banner, roll up banner, tripod banner, spanduk, ataupun baliho. Media-media tersebut menjadikan pilihan kita untuk berpromosi semakin banyak. Media yang dikategorikan sebagai iklan promosi luar ruangan ini, cukup ampuh untuk menjangkau banyak pelanggan.

Berikut adalah beberapa alasan, mengapa promosi secara offline masih dianggap penting di era digital.

 1. Tidak semua orang “bersahabat” dengan dunia digital 

Kita harus memahami dan menerima bahwa tidak semua orang sudah mengenal dunia digital secara baik. Karena tidak semua customer kita merupakan generasi X dan Y yang terbiasa dengan dunia digital. Kita juga harus menjaring customer yang belum terbiasa dengan dunia digital. agar 

2. Meningkatkan nilai kepercayaan dari customer

Kelemahan dari media promosi online adalah tidak dapat dilihat secara fisik. Sedangkan di dunia nyata, mereka butuh sebuah wujud media atau hasil yang nyata, dari produk jasa yang kita tawarkan, agar mereka semakin yakin dengan produk jasa tersebut.

3. Pelengkap promosi online

Ketika Instagram sudah disiapkan, Facebook dan website sudah dikelola secara maksimal, mungkin kini saatnya untuk membagikan brosur ke sekitar atau di keramaian. Siapa tahu calon customer Anda ada di segmen masyarakat yang lebih menyukai bentuk marketing dengan media offline?

Kembali ke blogs