Bagaimana Membangun Customer Experience? Apakah Memerlukan Strategi? Berikut penjelasannya

Bagaimana Membangun Customer Experience? Apakah Memerlukan Strategi? Berikut penjelasannya

Customer experience mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pengusaha. Karena pengertian dari customer experience itu sendiri adalah pengalaman pelanggan saat berinteraksi dengan suatu bisnis yang sedang perusahaan jalani atau bisa dibilang kesan yang dirasakan oleh customer dalam menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Customer experience merupakan salah satu cara dalam marketing atau pemasaran dengan mengikuti customer equity, yang berarti bahwa setiap pebisnis harus mampu menata lingkungan bisnisnya secara baik untuk pelanggan. Dan sebagai pengusaha harus mengerti apa yang pelanggan butuhkan, yaitu dengan memberikan pengalaman yang berkesan. Maka dari itu setiap pelanggan akan mendapatkan kesan yang menyenangkan jika menggunakan produk yang mereka beli dari kita. 

Semua proses dalam bisnis dapat menciptakan customer experience, mulai dari iklan yang kamu pasang ,proses pembelian di toko, maupun melalui website yang dikunjungi oleh pelanggan. Contohnya, saat proses pembelian melalui online atau website, durasi pengiriman yang cepat serta kerapian dalam pembungkusan.

Customer experience: come migliorarla?

Maka dari itu untuk membangun customer experience atau pengalaman pelanggan adalah hal yang sangat penting dalam strategi pemasaran, karena dengan adanya pengalaman yang pelanggan dapatkan akan membuat pelanggan pun puasa. Pelanggan tidak hanya mendapatkan janji yang ada dalam iklan saja, namun pelanggan dapat merasakan sendiri dengan produk atau layanan dari perusahaan. Dan jika pelanggan merasa puas maka secara otomatis sang pelanggan pun akan memberikan informasi kepada calon - calon pelanggan lainnya.

Berikut adalah beberapa manfaat dari customer experience :

1. Meningkatkan loyalitas

2. Dapat meningkatkan retensi pelanggan

3. Meminimalisir hilangnya pelanggan

4. Dapat meningkatkan citra perusahaan

5. Dan kitapun dapat kepercayaan dari pelanggan

6. Pelanggan pun akan merasa puas

Dalam customer experience ada beberapa strategi :

1. Memahami pelanggan

2. Meningkatkan kualitas customer service

3. Membuat strategi kerja yang tepat

4. Cepat menanggapi respon pelanggan

Hal yang terpenting dalam customer experience adalah melakukan interaksi atau komunikasi yang baik dengan calon pelanggan, secara langsung ataupun tidak langsung. Dan dengan customer experience pun dapat membangun nama perusahaan serta meningkatkan pelanggan.

Kembali ke blogs