Bagaimana Cara Memilih Bahan T-shirt Yang Bagus?

Bagaimana Cara Memilih Bahan T-shirt Yang Bagus?

Siapa sih yang tidak suka memakai T-shirt? Mulai dari balita, anak-anak, orang dewasa bahkan orang tua suka sekali dengan T-shirt. Pakaian yang banyak diminati orang, selain simple juga nyaman untuk dipakai dan cocok untuk acara santai seperti pergi ke mall, supermarket, bioskop, pantai dan juga saat berkumpul dengan teman-teman. 

T-shirt adalah salah satu jenis baju yang menutupi seluruh bagian dada hingga bawah perut. T-shirt juga menutupi sebagian lengan dan secara umum tidak memiliki kancing dan kerah pada leher. T-shirt bisa dikatakan pakaian informal atau kasual dengan bentuk tubuh dan lengan menyerupai huruf T. Pada zaman dahulu, T-shirt digunakan sebagai pakaian dalam. Namun sesuai dengan perkembangan zaman penggunaan T-shirt menjadi pakaian sehari-hari. 

Tahukah kamu jika T-shirt sudah ada sejak tahun 1864, penciptanya adalah William Cotton. Saat beliau mengumumkan penemuan mesin rajut komersil yang diikuti iklan pertama T-shirt sebagai pakaian dalam. Dulu T-shirt terbuat dari bahan yang elastis atau bisa melar pada abad 5 sampai abad 15. Potongan T –shirt menggunakan material wol dan linen. Lalu terjadi perubahan penggunaan bahan buatan William Cotton.

Saat ini terdapat berbagai macam jenis bahan T-shirt yang tersedia , mulai dari jenis bahan kaos katun original atau kombinasi gabungan dari bahan lainnya. Dibawah ini akan dijelaskan 5 jenis bahan T-shirt yang paling umum digunakan sebagai bahan utama.

1. Cotton Combed

Jenis bahan ini merupakan bahan yang paling banyak digunakan untuk T-shirt dan sering ditemukan di distro. Bukan tanpa alasan, bahan cotton combed yang terbuat dari serat kapas halus memiliki hasil olahan kaos yang lembut, sehingga nyaman saat dipakai. Kain cotton combed dibedakan menjadi beberapa tipe, seperti 20s, 24s, 30s dan 40s. Yang membedakan angka-angka tersebut adalah ketebalannya. Cotton combed dengan angka yang besar itu artinya semakin tipis. Semakin tipis maka harga jual semakin tinggi. Pada umumnya jenis T-shirt yang terbuat dari cotton combed lebih mudah menyerap keringat dibanding dengan bahan lainnya.

2. Spandek

Jenis bahan ini merupakan jenis bahan kaos dengan karakternya yang cukup elastic. Meskipun begitu bahan yang satu ini memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan bahan yang lain. Ketebalan yang relatif tipis membuat harga dari T-shirt jenis ini lebih murah dari T-shirt bahan lain.

3. Viscose

Kain viscose lebih dikenal dengan sebutan kain rayon. Bahan yang satu ini termasuk material yang memiliki tekstur hampir sama dengan cotton combed yang terbuat dari serat kapas. Viscose sendiri terbuat dari serat sintetis selulosa. Kain jenis ini digolongkan sebagai kain mewah, sehingga memiliki harga yang relatif tinggi di pasaran. Kain jenis ini jarang ditemukan di pasar bebas, karena harganya yang relatif lebih tinggi dibanding bahan lain.

4. Polyester

Jenis bahan polyester lebih sering digunakan sebagai jersey atau pakaian olahraga. Poliester merupakan bahan yang terdiri dari serat sintetis, dihasilkan dari unsur minyak bumi. Polyester memiliki nilai plus pada kekuatannya. T-shirt yang terbuat dari bahan polyester tidak mudah berkerut, tahan terhadap kuman, tahan air dan cepat kering setelah dicuci. Maka dari itu alasan mengapa banyak baju olahraga terbuat dari bahan ini.

5. Chief Value Cotton

Jenis bahan ini sering disingkat CVC yaitu jenis bahan yang terbuat dari campuran polyester dan cotton. Tapi unsur cotton di dalamnya lebih banyak. Dari perpaduan yang ada, dapat disimpulkan jenis bahan ini dapat menyerap keringat, serta memiliki daya tahan yang lebih lama. CVC memiliki kekuatan yang lebih tinggi dibanding dengan jenis kain cotton combed. Selain itu T-shirt yang terbuat dari bahan CVC tidak mudah kusut dan tidak mudah luntur saat dicuci.

Setelah kalian mengetahui jenis-jenis setiap bahan T-shirt, kini saatnya memilih T-shirt sesuai kebutuhan dan keseharian kalian. Jangan sampai salah pilih dan dapat mengganggu kenyamanan aktifitas kalian sehari-hari. Di Match Digital Printing kalian bisa menemukan berbagai jenis bahan T-shirt berkualitas dan juga bisa custom sesuai keinginan kalian. Dapatkan penawaran harganya sekarang juga!

Kembali ke blogs