Asal Usul Sejarah Tentang Adanya Percetakan

Asal Usul Sejarah Tentang Adanya Percetakan

Siapa yang tidak tahu tentang percetakan? Percetakan adalah industri yang menghasilkan goresan pena atau gambar secara massal di media cetak seperti kertas menggunakan mesin cetak. Biasanya di percetakan mencetak produk seperti Banner, Kartu Nama, Brosur, Spanduk , Stiker, Manual Book dan masih banyak lagi. Bahan yang digunakan untuk di percetakan yaitu kertas, karton, stiker, kaca, akrilik, kain dan lainnya.

Namun, apakah kalian tau sejarah asal usul adanya percetakan? Ternyata percetakan memiliki sejarah loh. Catatan tanggal asal gambar dinding gua yang berumur lebih dari 30.000 tahun di 2500 B.C, bangsa mesir mengukir hieroglyphics di batu tetapi, percetakan yang manusia tahu di masa sekarang tidak ditemukan hingga lebih kurang 500 tahun yang lalu.

Bangsa china sudah membuat banyak penemuan. Mereka telah menemukan kertas di abad pertama dan moveable type yang terbuat dari tanah liat kurang lebih pada abad ke-11 sedangkan orang korea pertama kali membentuk moveable type dari perunggu di pertengahan abad ke-1. Tetapi, tidak ada yang mengetahui adanya hubungan antara inovasi awal perang Asia dan penemuan percetakan di Eropa pada abad ke-15.

Sebelum percetakan ditemui, seluruh informasi yang tercatat pada Eropa dituliskan menggunakan tangan. Buku-buku disalin oleh pakar tulis yang seringkali menghabiskan bertahun-tahun lamanya, hanya untuk merampungkan satu jilid buku.

Cara yang seperti ini sangat lambat dan begitu mahal sebagai akibatnya hanya sedikitnya orang yang memiliki kesempatan untuk membaca karya yang sudah selesai.

Hanya ada sedikit perkembangan pada bidang percetakan antar tahun 1440 sampai mulainya revolusi industri pada abad ke-18. Pada abad ke-18 bidang metoden percetakan serta mesinnya mengalami kemajuan, menghasilkan mesin cetak uap, mesin rotasi, mesin produksi kertas dan mesin typeset otomatis. Moveable type dan mesin percetakan dari penemuan Johann Gutenberg di tahun 1440-an menjadi peran dalam upaya membawa Eropa keluar dari “masa kegelapan”. Eropa memasuki perkembangan serta eksplorasi yang dikenal dengan Renaissance.

Dari sejarah itu, bisa kita lihat bahwa percetakan sudah menjadi begitu kompleks dan sudah digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Dan dilihat pada saat ini, usaha percetakan semakin berkembang untuk kebutuhan manusia. Hal ini dilihat dari semakin banyak usaha percetakan di setiap kota. 

Kembali ke blogs