Apakah Slogan Diperlukan Dalam Bisnis ?

Apakah Slogan Diperlukan Dalam Bisnis ?

Slogan adalah hal untuk memberitahukan atau menyampaikan suatu informasi dengan kalimat pendek yang menarik dan mudah diingat. Tujuan slogan itu adalah untuk memberikan informasi,himbauan dan motivasi yang bisa mempengaruhi orang lain. 

Manfaat yang bisa kalian dapatkan dari slogan tersebut adalah untuk mengekspresikan sebuah ide/tujuan yang mudah diingat dan tentu sangat berpengaruh penting dalam usaha bisnis, contohnya :

- "just do it" by Nike

- "the future unfolds" by Samsung

- "milik kita bersama" by Trans tv

- "moving forward" by Toyota 

Berikut adalah beberapa tips bagi kalian yang ingin membuat slogan atau tagline, bagi bisnis usaha kalian :

1. Buatlah terdengar menarik dan berirama

Agar slogan kalian dapat diterima dengan baik oleh pelanggan, susunlah kalimat sedemikian rupa sehingga slogan tersebut terdengar menarik. Misalnya dengan membuat slogan yang mempunyai bunyi yang berirama, agar terdengar menarik.

Tentu saja slogan tersebut akan menjadi lebih mudah dikenali dan diingat kembali. Bila perlu, buatkan lagu jingle pada slogan yang akan menjadikannya lebih gampang untuk diingat dibandingkan dengan yang hanya sekadar diucapkan.

2. Tekankan keunggulan produk

Jika produk kalian mempunyai keunggulan atau keunikan yang tidak dimiliki oleh produk pesaing, tekankan keunggulan tersebut dalam slogan kalian. Hal ini bisa menjadi alasan mengapa pelanggan harus membeli produk yang kalian miliki ketimbang pesaing.

3. Ungkapkan produk secara jujur dan tidak berlebihan

Sebuah slogan dapat merefleksikan kepribadian dari produk kalian. Namun justru, terkadang dalam membuat slogan, kata-kata yang digunakan sering sekali terkesan berlebihan. Nah, daripada membuat slogan yang terkesan berlebihan, cobalah kalian untuk membuatnya lebih jujur namun tetap menekankan keunggulan yang dimiliki produk anda itu.

Dalam membuat slogan bisnis,kalian harus membuat nya sesederhana mungkin (mudah diucapkan dan diingat),yang menggambarkan produk kalian secara jujur,bersifat persuasif serta tonjolkan keunggulan dari tujuan bisnis kalian tersebut dalam bentuk kalimat pendek sederhana namun bermakna. 

Semoga tips tersebut bisa bermanfaat buat kalian yang sedang mendesain slogan yang menarik dan kekinian bagi bisnis usaha yang kalian miliki.

Kembali ke blogs