Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha clothing?

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha clothing?

Clothing adalah salah satu usaha dibidang perindustrian fashion atau pakaian yang memproduksi, mempunyai brand sendiri, bahkan mendesain pakaiannya sendiri. Arti clothing sendiri dibagi menjadi dua yaitu Clothing Company dan Clothing Line.

Clothing Company adalah kata istilah sebuah perusahaan yang memproduksi barang yang semuanya dibawah naungan brand perusahaan mereka sendiri  seperti tas, kaos dan masih banyak lagi, sesuai permintaan masyarakat. Sedangkan Clothing Line adalah perusahaan yang memproduksi barang yang menggunakan beberapa brand fashion sekaligus. Clothing line sering disama artikan dengan distro sedangkan distro adalah pelaku distributor barang  dari produsen yang memproduksi lalu mendistribusikan kembali ke pedagang kecil atau eceran.

Dalam membuka usaha clothing tidak semudah seperti yang kita bayangkan kita harus memikirkan nama brand, desain barang, kualitas dan sebagainya. Berikut adalah beberapa cara untuk memulai membangun usaha clothing :

1. Tentukan nama brand

Nana brand sangatlah penting sebagai identitas perusahaan, gunakanlah nama yang unik yang memiliki ciri khas suatu perusahaan dan mudah diingat oleh masyarakat. Tidak hanya nama kita juga harus mempersiapkan logo/lambang perusahaan beserta slogan agar dapat menarik banyak peminat sebagai strategi pemasaran. 

2. Membuat desain yang berbeda

Buatlah desain yang berbeda dengan mengikuti trend saat ini, banyak-banyak melihat referensi untuk mendapatkan inspirasi membuat baju yang tidak pasaran, dan menerima masukan dari konsumen tentang desain baju yang mereka inginkan. 

3. Survey kualitas produk

Sebelum memproduksi barang kita harus pastikan terlebih dahulu supplier bahan yang kita inginkan dapat dipercaya  untuk membuat baju berkualitas seperti apa yang kita mau.

4. Tentukan target pasar

Kita harus tentukan terlebih dahulu target pasar sebelum kita memproduksi barang, dengan begitu kita bisa membuat barang yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen. Dengan target pasar juga dapat membantu dalam membuat strategi pemasaran.

5. Survey harga

Dalam menjual suatu produk harga sangat penting sebagai pertimbangan konsumen, maka dari itu kita harus melakukan survey harga dan kualitas produk guna meningkatkan penjualan perusahaan.

Di usaha clothing ini kita harus perhatikan kualitas produk, kualitas produk ini sangat menentukan mutu dari perusahaan kita, seperti Match Digital Printing yang memiliki T-shirt dengan bahan yang premium kualitas bahan yang bagus sebagai bahan produksi kita dapat meningkatkan ekspor produk dalam perusahaan. Jumlah barang dengan kualitas bagus walau harga sedikit lebih mahal dibanding pesaing/ competitor karena itu menunjukan mutu perusahaan.

Dalam berbisnis, kita harus pandai melihat peluang bisnis kapan dan dimanapun, harus percaya diri dalam menuangkan segala ide kreatif dengan perhitungan yang matang.

Kembali ke blogs