Apa itu Analisis Kompetitor Dalam Dunia Bisnis? Apakah Perlu Dilakukan ?

Apa itu Analisis Kompetitor Dalam Dunia Bisnis? Apakah Perlu Dilakukan ?

Dalam dunia bisnis, tentu kita tidak bisa lepas dari yang namanya kompetitor. Kompetitor atau pesaing, adalah usaha, produk, brand atau merek yang menjual produk yang mirip atau bahkan sama dengan produk yang Anda tawarkan. Kehadiran kompetitor dapat kita manfaatkan sebagai salah satu alasan agar kita selalu dapat berinovasi, berkembang dan tetap unggul. Jadi, penting bagi kita untuk terus melakukan analisis kompetitor, agar usaha yang kita jalankan bisa terus berinovasi, berkembang dan tetap unggul. 

Sebagai contoh kasus, walaupun kita memiliki produk yang kualitasnya lebih baik dari kompetitor kita, tapi pelayanan yang kita berikan masih kalah saing dengan kompetitor, maka bukan tidak mungkin pelanggan akan lebih memilih produk kompetitor kita.

Untuk memenangkan hati pelanggan, kita tidak boleh menggunakan  cara-cara yang tidak semestinya. Misalnya, menggunakan akun media sosial palsu untuk berkomentar negatif di situs penjualan sang kompetitor. Percayalah, tindakan tersebut tidak akan membuat usaha kita berkembang, karena itu berarti kita hanya fokus untuk menjatuhkan kompetitor, bukan mengembangkan usaha Anda.

Jadi, tetap jalankan usaha secara profesional dan gunakan strategi yang tepat untuk menjangkau pelanggan tanpa harus menjatuhkan kompetitor. Itulah sebabnya, Anda perlu melakukan analisis kompetitor. Analisis kompetitor adalah salah satu cara untuk mengetahui apa saja pelayanan yang perlu kita tingkatkan, untuk memenangkan hati pelanggan kita.

Kita bisa manfaatkan media sosial dari kompetitor kita, untuk memantau dan menganalisis bisnis usaha mereka. Berikut adalah beberapa contoh hal yang bisa kita coba analisis, dari kompetitor-kompetitor usaha kita.

  • Kualitas dan kuantitas produk, mulai dari kelengkapan, mutu, desain, sampai bentuknya.

  • Harga yang ditawarkan.

  • Lokasi cabang atau saluran distribusi yang dimiliki kompetitor.

  • Promosi yang dilakukan.

  • Rencana kegiatan yang akan dilakukan kompetitor di masa mendatang.

Kemudian, sehubungan dengan analisis kompetitor, ada 2 metode yang bisa kita terapkan agar usaha kita semakin maju. 2 metode itu adalah ATM  dan SWOT 

ATM

Amati - Tiru -Modifikasi. Merupakan metode yang sudah populer dalam berbisnis, yang harus kita lakukan agar kita selalu lebih unggul dari kompetitor kita.

SWOT

Merupakan singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan), dan Threat (ancaman). SWOT bisa diartikan sebagai langkah kita untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan dan kelemahan dari kompetitor kita, serta peluang dan ancaman apa yang bisa ditimbulkan oleh mereka.

Demikianlah tips mengenai analisis kompetitor yang dapat diterapkan dalam usaha bisnis yang sedang kita jalankan.

Kembali ke blogs